Saturday, July 11, 2015

Tanaman-tanaman ini bagus untuk Pakan Domba, tetapi Alfalfa tetap menjadi pakan Utama nya

Perkebunan Tanaman Alfalfa
(Pakan terbaik untuk ternak domba)

Dalam dunia peternakan domba, baik peternak domba pedaging, penggemukan ataupun peternak pengembangbiakan juga peternak domba yang meng-khususkan usaha ternaknya dengan pengambilan bulu domba sebagai bahan dasar benang dan kain wol (sayang sekali di Indonesia jarang peternak yang meng khususkan ternak domba untuk kain wol karena sistem iklim di kita kurang cocok). Dari semua model tujuan peternakan domba tersebut, maka tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya "Hijauan Makanan Ternak" atau disingkat HMT. Hijauan Makanan Ternak merupakan cara peternak untuk bagaimana menyediakan supply pakan domba nya sendiri, dalam artian, peternak tersebut membuat dan memiliki suatu area khusus untuk ditanam beberapa jenis rumput yang diperlukan untuk pakan domba nya.

Biasanya, peternak yang sudah memiliki lahan Hijauan Makanan Ternak atau HMT sendiri dengan luas area yang cukup luas, maka dapat di tebak bahwa peternak tersebut adalah sedang berusaha keras untuk lebih membuat usahanya lebih professional dan terlihat punya tekad kuat untuk menginginkan sukses dalam usaha ternak dombanya. Tetapi bukan berarti peternak yang tidak memiliki lahan "Hijauan Makanan Ternak (HMT) sendiri itu jelek/tidak serius, bukan seperti maksudnya, bisa saja seorang peternak yang tidak memiliki lahan Hijauan Makanan Ternak sendiri tersebut karena memang dia belum mampu dalam hal pengadaan tempat/lahan dan manajemen pengelolaan rumput di lahan tersebut nantinya, sehingga dia lebih memilih mengambil tumput (ngarit = sunda) ke tempat lain, misalnya keliling tegalan dan galengan sawah.

Tetapi, jika kita hendak bertekad ingin menjadi peternak domba yang besar dan sukses, maka tentunya berusaha keras ke jalan untuk bagaimana kita mempunya areal Hijauan Makanan Ternak (HMT) sendiri adalah harus di perhatikan dan di realisasikan walau untuk menggapainya dengan jatuh bangun dan merangkak.

Baik, di postingan sekarang, kami akan menyebutkan tanaman-tanaman apa, atau jenis-jenis rerumputan apa saja yang bagus untuk peternak domba di budidayakan di lahan Hijauan Makanan Ternak (HMT) mereka?, ini dia:

1. Alfalfa

Alfalfa atau dalam bahasa latin nya disebut Medicago sativa, merupakan jenis pakan ternak unggulan dan harganya pun lumayan mahal dan tergolong pakan yang di specialkan oleh negara maju seperti amerika. Sangat jelas bahwa ada sesuatu manfaat yang sangat luar biasa banyak dan hebat dari tanaman Alfalfa ini. Benih tanaman ini bisa kita beli dari toko tanaman (ini adalah produk import). Ketika alfalfa kita sudah berkembang, maka Benih tanaman alfalfa kita tidak bisa dijadikan generasi tanaman berikutnya, dengan kata lain kita harus membeli lagi benih alfalfa import ini ke toko tanaman. Dari sana sudah bisa di prediksi bahwa betapa pentingnya tanaman Alfalfa ini, sampai dunia biologi dunia pun sudah mem "bisnis" kan nya. Seyogyanya kita sadar akan hal itu, sadar bahwa pasti ada manfaat besar dari tanaman Alfalfa ini dibanding dengan jenis rumput lainnya yang bisa sembarangan tumbuh di areal / lahan Hijauan Makanan Ternak atau (HMT) kita tanpa perlu membeli dan membeli benihnya lagi secara terus menerus ke toko tanaman.

Tidak hanya sebatas untuk domba saja, disebutkan bahwa tanaman Alfalfa ini adalah bagus sebagai pakan utama usaha sapi perah, kuda, sapi potong, dan kambing. Tanaman Alfalfa juga bisa digunakan oleh manusia sebagai tanaman untuk rotasi tanaman jika kita akan menanam jenis tanaman lain, karena Alfalfa dapat mengikat nitrogen, juga mampu memperbaiki struktur kesuburan tanah, dan hebat nya lagi tanaman asal Negeri Arab ini juga dapat mengontrol gulma sehingga menjadi bagus untuk tanaman berikutnya yang akan dibudidayakan. Sejarah mencatat bahwa tanaman Alfalfa ini adalah mulai berasal dari Iran, dan ditemukan 6000 tahun yang lalu, wow. Wikipedia menyebutkan bahwa terdapat catatan bahwa alfalfa sudah ada sejak 1.300 tahun lalu sebelum masehi yang ditemukan di Turki.

Setelah dilakukan serangkaian penelitian yang mendalam selama atau sejak ratusan tahun lalu, maka sekarang orang sudah banyak yang tahu dan faham bahwa memang Alfalfa adalah yang terbaik untuk urusan pakan ternak, tapi juga harus di beri selingan hijauan rumput jenis lain sebagai penyeimbang, tetapi porsinya lebih banyak Alfalfa. Sebagai pakan ternak, tanaman Alfalfa ini memiliki kandungan protein, vitamin, dan juga mineral yang tinggi. Dan bila kita ingin memulai mem budidayakan alfalfa, maka kondisi tanah kita harus ber pH sekitar 6,3-7,5 dan kandungan garam dalam tanah tidak boleh terlalu tinggi. Selama masa aktif tumbuh, alfalfa tidak membutuhkan tanah yang basah. Justru akan jelek jika Alfalfa di tanam di lahan yang becek juga terlalu kering. Tanah yang bagus adalah tanah yang gembur, agar akar Alfalfa yang ada yang mencapai 2 meter tersebut bisa dengan leluasa menancap ke dalam tanah.

2. Rumput gajah

Kami tidak banyak menceritakan tentang rumput gajah ini karena memang tanaman / jenis rumput ini sudah umum ada di sekitar kita. Juga untuk tanaman-tanaman lainnya di bawah ini, kami cukup memberikan nama rumput nya untuk sebagai pelengkap reverensi kita semua. Sehingga yang Kami sarankan dan kita prioritaskan adalah jenis tanaman Alfalfa, karena itu yang banyak di pakai peternak-peternak besar di Amerika. Silahkan anda simak ulasan tentang Alfalfa di postingan kami sebelumnya Alfalfa - Warisan Besar dari Thariq bin Ziyad (670-720 M) untuk para Peternak Domba Masa Kini.

3. Rumput raja
4. Kaliandra
5. Turi
6. Glirisidia
7. Indigofera
8. Waru
9. Singkong
10. Ketela rambat
11. Nangka
12. Albesia
13. Murbai.

Demikian jenis-jenis tanaman / rumput yang bagus kita jadikan sebagai pakan domba pun sebagai pakan kambing.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment