Tuesday, July 14, 2015

Gaduh Domba - Solusi untuk Kesejahteraan Masyarakat


Kami yakin, sebahagian besar dari anda adalah telah faham tentang Gaduh Domba, itu jika anda adalah memang sudah bergerak ikut terjun ke usaha peternakan domba, tetapi bagi yang baru memahami dan mengenal lebih dalam lagi hal peternakan domba, bisa saja istilah Gaduh Domba ini terasa asing bagi anda karena tidak pernah mendengarnya di masyarakat dimana anda tinggal, padahal mungkin saja aktifitas gaduh domba tersebut sudah ada sejak lama di daerah anda, tetapi berbeda istilah saja.

Baiklah, untuk keseragaman istilah, kami mencoba share tentang Gaduh Domba ini dengan harapan ada manfaatnya, khusus bagi tim kami dan umumnya untuk semua yang sedang membaca artikel ringan ini.

Jika kita definisikan, maka Gaduh Domba adalah suatu aktifitas usaha yang melibatkan dua belah pihak atau tiga pihak, dimana pihak ketiga bertugas sebagai perantara (penyambung pihak pertama dan kedua), dimana seseorang yang memiliki dana yang lebih dan ingin mempunyai usaha peternakan domba tanpa harus memelihara atau mengurus domba itu sendiri. Dengan kata lain, orang yang memiliki dana tersebut (kita sebut investor atau pihak pertama) - investor membeli (misalnya) dua ekor domba, jantan dan betina, lalu domba-domba tersebut di urus / di pelihara oleh seseorang yang sudah bisa, mampu atau sanggup memelihara domba (kita sebut peternak domba atau pihak kedua). Dan di waktu yang telah disepakati, maka kedua belah pihak membagi keuntungan dari hasil kerjasama tersebut.

Dalam sistem Gaduh Domba, tidak bisa ditentukan nilai besaran pembagian hasilnya (itu murni tergantung kesepakatan antara investor dengan peternak), ada yang 50% (50% untuk investor, 50% untuk peternak) dan lain-lain. Kesemua ketentuan tersebut harus di tulis di dalam lembaran surat perjanjian kerjasama usaha yang diberi materai yang cukup sebagai penguat yang sah di Hukum jika suatu saat terjadi pertikaian antara kedua belah pihak yang tidak bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah mufakat.

Pada prakteknya, investor membeli domba (atau investor mempercayakan peternak untuk membeli domba - dengan memberikan uangnya langsung ke peternak untuk dibelikan domba) Lalu, peternak membeli domba pesanan investor sesuai dana yang tersedia dan sesuai perjanjian tertulis yang telah dibuat dan disepakati bersama. Kemudian peternak akan mengurus domba tersebut. Dalam praktik peternakan domba-nya, maka peternak bisa saja menggunakan sistem penggemukan, pengembangbiakan, atau pengambilan susu (biasanya itu dari jenis kambing, yaitu susu kambing etawa).

Hasil dari aktifitas penggemukan, pengembangbiakan, dan atau penjualan susu tersebut akan di bagi dua, atau sesuai prosentase yang di sepakati bersama.

Ketika terjadi kehilangan domba oleh karena kesalahan atau kelalaian peternak, maka biasanya itu akan menjadi tanggung jawab peternak, dan peternak harus menggantinya, Tetapi ketika domba tersebut mati dan peternak sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengobati ternak tersebut tetapi mati juga, maka biasanya kerugian akan hal itu ditanggung berdua, bisa saja masing-masing 50% atau tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Setiap peng gaduh domba akan sangat berlainan peraturan kerja dan kesepakatannya.

Yang menjadi point penting dari hal Gaduh Domba yang ingin kami kemukakan di artikel ini adalah tentang, Bagaimana seorang Investor bisa mendapatkan sumber terpercaya tentang siapa sih orang atau lembaga yang memang sudah dipercaya banyak orang bisa mengurus domba-domba nya?

Adalah tidak mudah untuk mendapatkan partner / orang / lembaga yang dengan bagus, bisa dipercaya dan mampu mengurus, beternak domba kita. Tetapi kami sarankan bagi anda yang ingin mecari informasi tentang itu, anda sangat disarankan untuk bertanya di group facebook khusus peternak domba. Kami rekomendasikan dua group sekaligus, yaitu : Group FB Peternak Kambing Indonesia dan Group FB Komunitas Peternak Kambing dan Domba Indonesia. Silahkan anda jangan malu-malu dan merasa segan untuk bertanya di kedua group tersebut karena di dalamnya sudah banyak pakar peternak domba yang sukses dan tentunya siap membantu anda memilihkan atau merekomendasikan tentang siapa dan dimana atau lembaga yang mana yang bagus reputasinya dalam hal sukses nya usaha gaduh domba.

Sekian yang bisa kami informasikan tentang Gaduh Domba. Semoga menjadi inspirasi usaha untuk membuka mata hati kita untuk bagaimana lebih sukses dalam hal ternak domba - semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Amin.

Sumber Foto

No comments:

Post a Comment