Tuesday, July 7, 2015

Cara Mudah untuk mengetahui mana itu Domba Pemimpin (dalam gerombolan domba gembalaan) kita

Bagi seseorang yang sudah terbiasa dan sudah memiliki jam terbang yang banyak dalam hal mengembalakan domba, maka tentunya akan sangat mudah untuk mengenali mana domba pemimpin diantara sekelompok domba yang digembalakannya. Tetapi bagi orang awam atau pekerja baru terjun di pekerjaan mengembala, maka pengetahuan itu harus dipelajari sejak dini dan terus di asah ketepatannya.

Domba pemimpin adalah se-ekor domba dari kawanan domba gembalaan, dimana kehadirannya adalah sangat penting, baik bagi kawanan domba lain-nya juga akan sangat bermanfaat bagi sang pengembala itu sendiri.

Se ekor domba pemimpin, dia akan selalu waspada terhadap iklim atau suasana yang sedang dan akan terjadi di lingkungannya tersebut. Ketika sedang merumput, maka domba pemimpin sering sekali mengangkat kepalanya untuk memperhatikan atau mengawasi kondisi di lingkungan sekitar, dia menjadi tidak sampai kenyang memakan rumput karena seringnya mengangkat kepala melihat ke kiri dan ke kanan dan mengawasi semua hal yang terjadi di lingkungan sekitar. Jika terdapat bahaya atau hal yang mencurigakan, maka se-ekor domba pemimpin akan lari terlebih dahulu untuk menghindari sumber bahaya, dan uniknya lagi, kumpulan domba yang lain juga akan ikut berlari mengikuti arah lari domba pemimpin tersebut. Pun tak terkecuali bahwa terkadang sang gembala pun suka ikut lari mengikuti arah lari domba pemimpin tersebut.

Lalu, mengapa sang pengembala harus tahu / mengetahui mana domba pemimpin di antara kawanan domba yang sedang dia gembalakan tersebut?

Jelas sekali bahwa sang pengembala harus tahu, faham tentang yang mana domba pemimpinnya. Dengan mengetahui mana domba pemimpinnya, maka akan sangat memudahkan untuk mengurus, mengarahkan domba ke arah yang di inginnya. Sang pengembala cukup mengendalikan gerak si domba pemimpinnya saja dan secara otomatis seluruh kawanan domba akan mengikuti kemana arah domba pemimpin bergerak (karena secara fitrah, suatu gerombolan domba akan sangat taat dan patuh dan akan mengikuti sang domba pemimpin mereka juga akan patuh kepada sang pengembala.

Dan tentunya untuk bisa mengarahkan domba pemimpin, maka sang pengemala bisa memahaminya secara perlahan-lahan dari pengalaman secara kontinue terus menerus dalam hal menggembalakan domba-domba nya.

Sumber Inspirasi Artikel

Sumber Foto

No comments:

Post a Comment