Saturday, July 18, 2015

Kamus Besar Dunia Peternakan Domba dan Kambing

A

Abattoir - adalah sebuah fasilitas atau cara, dimana hasil panen hewan ternak selanjutnya akan diolah menjadi suatu atau beberapa produk daging.
Abomasum - kompartemen atau bagian ruangan ke empat dari sebuah perut hewan ruminansia (seperti hewan kambing dan domba); dimana proses pencernaan makanan akan terjadi di bagian tersebut.
Aborsi - kejadian hilangnya kehamilan dini atau menggugurkan kehamilan (dalam hal ini hubungannya dengan peternakan domba dan kaming tentunya).
Accelerated lambing - ketika se ekor domba betina menjadi lebih sering beranak (lebih dari sekali dalam setahun).
ADF - asam serat deterjen (acid detergent fiber)
AFO - operasi atau tata cara kegiatan pertanian suatu negara, dimana beberapa ternak akan dipelihara dan dibesarkan dalam situasi tertentu dan terbatas. Beberapa negara akan mengatur AFO.
Afterbirth - plasenta dan selaput janin (atau orang suda suka menyebutnya "bali"), yang dibuang dari rahim domba/kambing, setelah anak domba sukses lahir.
Asam amino (Amino acid) - salah satu blok bangunan protein.
Anemia - jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari normal.
Animal unit (AU) - suatu unit / patokan yang biasanya diwakili oleh satu sapi atau satu kuda dewasa, atau dengan banyak hewan - dalam mengkonsumsi sejumlah pakan - dimana itu akan setara dengan pakan untuk 7 domba.
Animal unit month (AUM) - Jumlah pakan yang dibutuhkan oleh seekor sapi dewasa dan ternak lain nya (dimana akan setara dengan domba atau kuda) selama satu bulan.
Annual (plant) - tanaman yang biasanya akan berkecambah, berbunga dan kemudian akan mati dalam kurun waktu satu tahun.
Anthelmintik - adalah obat yang dapat membunuh beberapa jenis cacing usus.
Antibiotik - obat yang dapat membunuh beberapa bakteri dan kuman-kuman lainnya.
Antibodi - suatu protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri tertentu, virus, dan atau antigen lainnya.
Anti-toksin - antibodi yang dapat menetralisir racun tertentu.
Artificial Insemination (AI) - Inseminasi Buatan, proses dimana semen ditempatkan dalam rahim domba detina (secara buatan), dan itu berarti tidak melalui hubungan seksual domba jantan dan betina.
ASI (American Sheep Industry Association) - Asosiasi Industri Domba Amerika. Federasi asosiasi domba di kesatuan negara di Amerika.

B

Banding - proses penerapan karet gelang di ekor atau skrotum untuk docking dan mengebiri.
Bellwether - Pemimpin biri-biri, dimana domba yang mengarah kawanan domba lainnya, pimpinan domba tersebut akan memakai lonceng.
Bloat - Penggembungan, akumulasi gas yang berlebihan dalam rumen hewan (dalam hal ini, kambing atau domba).
Bottle jaw - Botol rahang, Edema atau akumulasi cairan, di bawah rahang. Sebuah tanda infeksi Haemonchosis pada domba.
Breech birth - Sungsang, kelahiran domba, dimana anak domba keluar dari rahim induknya dalam posisi mundur, yaitu kaki belakangnya terselip di bawah dan hanya ekornya yang dekat dengan pembukaan rahim indukan betina tersebut.
Browse - Isi - adalah bagian dari tanaman berkayu, didalamnya termasuk ada ranting, tunas, dan daun.
Buck - istilah lain atau "slang" untuk domba jantan.
Bummer - istilah lain untuk anak domba yang sudah yatim piatu.
Burdizzo - suatu metode pengebirian dengan menggunakan penjepit besar untuk menghancurkan pembuluh darah yang menuju ke testis domba.

C

CAFO - Confined Animal Feeding Operation, operasi makanan hewan yang terbatas, yang memiliki setidaknya 1.000 unit hewan. Diatur oleh hukum federal dan negara bagian.
Carding - suatu process yang melibatkan pergerakan serat alami antara dua permukaan yang ditutupi dengan pin kawat untuk mencegah kusut dan menyelaraskan serat dalam persiapan untuk berputar.
Castrate - Mengebiri - penghapusan testis atau pengaruh testis pada domba.
cc - cubic centimeter - sentimeter kubik. Sama dengan millileter (ml).
Cellulose - Selulosa - suatu komponen pada dinding sel tanaman yang tidak bisa dicerna oleh sebagian besar hewan (lignin)
Cervix - Serviks - bagian bawah rahim domba yang menonjol ke dalam / ke arah vagina dan melebar selama persalinan untuk memungkinkan bagian dari janin bisa keluar.
Cryptorchidism - Kriptorkismus - kegagalan satu atau dua testis untuk turun
Coccidiostat - salah satu dari kelompok bahan kimia yang dicampur dalam pakan atau dicampur dengan air minum untuk mengendalikan koksidiosis pada hewan.
Colostrum - susu domba betina pertama yang tersedia atau ada setelah induk tersebut melahirkan anak. Susu ini sangat tinggi antibodi, dan susu ini melindungi domba yang baru lahir terhadap penyakit.
Composting - Kompos - proses dimana limbah organik terurai secara alami.
Combing - penegakan atau parallelizing serat menggunakan sisir. Juga termasuk penghapusan serat pendek dan kotoran lainnya.
Concentrate - pakan yang mengandung energi yang besar, rendah kadar serat, dan juga sangat mudah dicerna oleh domba / kambing.
Conception - dalam reproduksi domba, itu adalah suatu "titik" dimana sperma membuahi sel telur.
Continuous grazing - Penggembalaan domba secara kontinyu / terus-menerus - ternak akan tetap berada pada padang rumput dan akan tetap merumput sepanjang waktu, selama penggembalaan tersebut ada (jadi tidak ada acara memasukkan domba ke kandang).
Cool season plant - Suaut tanaman yang keren tapi musiman. Tanaman tersebut umumnya tumbuh bagus selama akhir musim gugur, musim dingin, dan musim semi.
Corpus Luteum (CL) - massa sel yang terbentuk setelah sel telur telah dilepaskan dari ovarium. Korpus luteum menghasilkan progesteron. Juga disebut "yellow body".
Cost share - Biaya saham - subsidi, dengan lembaga pemerintah yang berbeda dan beberapa industri swasta.
Crimp - waviness alami dari serat wol.
Culling - Pemusnahan - proses yang menentukan dan menyortir, mana saja domba (dalam kawanan domba tersebut) yang tidak akan dibesarkan karena kualitas nya jelek.
Creep feeding - Merayap makan - adalah memberikan pakan tambahan guna bagus nya merawat anak-anak domba.
Creep grazing - suatu sistem yang memungkinkan hewan muda (anak domba) untuk hanya bisa terus merumput di daerah mereka sendiri dan tidak dapat mengakses daerah lain pada waktu yang sama.
Crossbreeding - Persilangan - perkawinan suatu jenis domba dari satu keturunan dengan keturunan yang berbeda.
Crutching (atau crotching) - penghapusan wol (mencukur bulu domba) dari seluruh ekor dan pengambil bulu domba / wol tersebut dari antara kaki belakang domba.
Cud - Biak - makanan ruminansia yang telah ada di perut domba tersebut dan lalu dimuntahkan ke mulut untuk dikunyah lagi.

D

Dags - wol yang sudah terkontaminasi dengan kotoran, dimana wol tersebut telah dipotong dari posterior domba.
Dam - ibu (indukan betina domba / kambing).
DE - energi yang dicerna
Diarrhea - Diare - peningkatan frekuensi, fluiditas, atau volume ekskresi tinja pada domba.
Dock - untuk menghapus / menghilangkan ekor (v) atau ekor domba dipersingkat / disederhanakan (n).
Drench - Membasahi - metode pemberian obat cair untuk domba.
Dressing percentage - persentase domba yang hidup dengan domba mati.
Dystocia - Distosia - kesulitan dalam melahirkan pada persalinan domba.

E

Eid - Hari Raya Besar dalam Islam dalam waktu setahun sekali. Ada dua Eids dalam kalender Islam, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha (Hari Kurban / Qurban).
Elastrator - alat yang digunakan untuk menerapkan / memasangkan karet gelang yang berat (cincin / band elastrator) ke ekor domba dan skrotum untuk docking dan pengebirian.
Embryo - Embrio - binatang (domba) dalam tahap awal pengembangan sebelum kelahiran.
Embryo Transfer (ET) - Transfer embrio - implantasi embrio atau sel telur yang dibuahi sebagai induk domba betina pengganti.
Epididymitis - Epididimitis - tabung kecil dimana sperma berkumpul setelah meninggalkan testis.
Estrogen - hormon seks pada induk domba betina yang diproduksi oleh ovarium. Bertanggung jawab untuk siklus estrus.
Estrus - periode ketika betina subur dan bisa menerima laki-laki. Juga disebut periode panas pada (induk domba betina).
Estrus Cycle - Siklus Estrus - siklus reproduksi betina.
Ewe - domba betina
Extra label - penggunaan obat (dengan tdak ada label / kerangan obat). Hanya dokter hewan yang dapat atau yang boleh menggunakan atau meresepkan obat tersebut.

F

FAMACHA © - kontrol rezim parasit untuk mengendalikan dan mengobati Haemonchus contoritus di ruminansia kecil. Menggunakan grafik warna mata untuk memprediksi tingkat anemia pada hewan.
Fat-soluble vitamins - Vitamin yang larut dalam lemak, vitamin yang larut dalam minyak lemak atau lemak cair, selain air. Mereka termasuk Vitamin A, D, E dan K. Mereka diproduksi dalam rumen domba.
Fatten - Penggemukkan - pakan untuk disembelih. Beternak domba untuk tujuan domba pedaging atau penggemukan.
Fecal egg count (FEC) - Perhitungan jumlah telur cacing dalam tinja domba - jumlah telur cacing dalam gram tinja domba. Juga disebut EPG (eggs per gram).
Feedlot - daerah dimana domba akan sangat dibatasi dan hati-hati ketika sedang merumput, maksudnya domba tersebut sedang memakan pakan konsentrat yang tinggi untuk menggemukkan mereka.
Fertilizer - Pupuk - salah satu dari sejumlah besar bahan-bahan alami dan sintetis, termasuk pupuk dan nitrogen, fosfor, dan senyawa kalium, menyebar atau bekerja ke dalam tanah untuk meningkatkan kesuburannya.
Five Point Check© - Lima Titik Periksa - perpanjangan dari sistem FAMACHA ©, sebuah alat untuk pengambilan keputusan yang memungkinkan peternak domba untuk membuat keputusan tentang terjangkitnya penyakit cacingan untuk semua parasit yang umum yang mempengaruhi ruminansia kecil. Melibatkan lima poin pemeriksaan kepada tubuh hewan / anak domba : yaitu memeriksa mata, rahang, hidung, punggung, dan ekor.
Fleece - wol dari seekor domba yang dicukur.
Flerd - suatu percampuran kelompok domba dan sapi.
Fodder - Pakan ternak - tanaman atau tumbuhan untuk pakan ternak.
Follicle stimulating hormone (FSH) - hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang merangsang produksi folikel oleh ovarium.
Foot bath - kimia dan campuran air agar domba bisa berdiri, digunakan untuk pencegahan dan / atau pengobatan domba yang menderita kaki busuk dan kaki melepuh.
Footrot - penyakit menular pada domba yang disebabkan oleh bakteri tertentu.
Forage - Hijauan - rumput, semak kecil dan atau bahan tanaman lainnya yang dapat digunakan sebagai pakan untuk ternak domba. Bagian yang dapat dimakan oleh domba dari tanaman tersebut.
Forb - broadleafed tanaman herba (misalnya, dandelion).
Forward grazing - Penggembalaan Domba Sistem Maju - ketika salah satu kelompok domba diperbolehkan untuk meng-akses ke suatu paddock di depan kelompok domba yang lain.

G

Genotype - Genotipe - konstitusi genetik suatu individu.
Gestation - Kehamilan - lama waktu suatu kehamilan.
Gimmer - sebutan untuk domba betina yang usianya lebih dari satu tahun.
Grade (n) - Kelas (n) - ukuran kualitas untuk domba yang akan dijual. Ada nilai untuk domba hidup, terus ada nilai untuk daging domba, dan juga nilai / kualitas wol nya.
Graft - untuk mentransfer anak domba ke betina yang bukan induknya (ibu-nya).
Grain - bagian benih tanaman / sereal seperti jagung, gandum, barley, dan gandum.
Grass - Rumput - kelompok tanaman yang memiliki daun yang sempit dengan urat paralel, bunga kecil, dan pada dasar batang nya memiliki rongga / berongga dengan sendi dimana daun melekat.
Grass-based - basis Rumput - ketika padang rumput atau saat suatu padang rumput memainkan peran yang penting dalam kehidupan atau dalam hal usaha beternak domba.
Green chop - Hijau chop - hijauan yang baru dipotong untuk makanan ternak kita.
Ground water - Air tanah - air yang tidak kabur, dan tidak diambil oleh tanaman, tetapi membasahi ke dalam akuifer; pasokan air segar di bawah permukaan bumi yang membentuk reservoir alami. Sering digunakan untuk minum.
Gummer - sebutan untuk domba yang usianya sudah begitu tua sehingga ia (domba tersebut) telah kehilangan semua giginya.

H

Haemonchosis - infestasi atau penyakit yang disebabkan oleh nematoda Haemonchus (H. contortus. esp)
Halal - satu set hukum dalam Islam yang mengatur persiapan makanan.
Hand spinner - Tangan pemintal - orang yang memutar wol (serat wol menjadi benang wol) dengan menggunakan tangan (manual).
Hay - rumput yang sudah dipangkas dan bagus untuk digunakan sebagai pakan ternak domba kita.
Haylage - rumput silase
Heat - Panas - suka disebut juga dengan istilah "estrus". Yaitu suatu masa (waktu / kondisi / keadaan) dimana se ekor indukan domba betina adalah dalam kondisi subur dan siap menerima indukan domba jantan.
Heavy use area - adalah suatu daerah outdoor dimana sekelompok ternak domba adalah ditopang dengan pakan impor.
Hectare - Hektar - Unit metrik untuk luas daerah / areal - sama dengan 10.000 meter persegi, atau 1 hektar.
Heterosis - peningkatan kinerja hibrida (purebreds) dan yang paling terasa adalah di hal-hal sifat domba seperti kesuburan domba dan sistem bertahan hidup untuk domba atau kambing kita.
Heritability - Heritabilitas - sejauh mana suatu sifat dipengaruhi oleh genetik indukan domba.
Hogget - istilah dalam bahasa Inggris untuk seekor domba yang berumur setahun, dimana domba tersebut belum dicukur.
Hoop house - membangun kandang untuk kambing dan atau domba dengan menggunakan bingkai logam dan dengan kain penutup nya melengkung, digunakan untuk rumah ternak tersebut.
Hormone - Hormon - zat yang dibuat oleh salah satu bagian dari tubuh, tetapi mampu mempengaruhi bagian lain dari tubuh tersebut.
Hull - penutup luar yang kering dari suatu buah, biji, dan atau kacang.
Hybrid vigor - peningkatan kinerja hibrida untuk purebreds, yang paling terasa adalah di sifat-sifat seperti kesuburan dan bertahan hidup.
Hypothermia - Hipotermia - kondisi tubuh domba yang ditandai dengan suhu tubuh nya yang rendah.

I

Immunity - Kekebalan - kekebalan yang alami untuk menghadang beberapa penyakit tertentu.
Inbreeding - Silang - Perkawinan atau persimpangan beberapa jenis domba dalam suatu populasi.
Intramuscular (IM) - ke dalam otot.
Intraperitoneal (IP) - diberikan atau ditarik dari / ke dalam rongga perut.
Intravenously (IV) - Intravena (IV) - masuk melalui pembuluh darah.
Islam - iman, keagamaan umat Islam, secara harfiah, "penyerahan" (kepada Allah)

J

Jug - pena dimana domba dan atau domba yang baru lahir diletakkan ke obligasi.
Jugular - Jugularis - vena di leher domba yang mengembalikan darah dari kepala.

K

Ked - lalat bersayap yang merupakan parasit eksternal pada tubuh domba.
Ketone - Keton - zat asam yang dihasilkan ketika tubuh menggunakan lemak, bukan gula untuk energi.
Ketosis - gangguan metabolisme dimana keton menjadi berkembang dalam tubuh.
Kosher - Halal - makanan disiapkan dan sesuai dengan hukum makanan Islam.

L

Lactation - Laktasi - sekresi (produksi) susu kambing atau domba. Ketika domba betina mampu memberikan / memproduksi susu nya.
Lamb - domba muda (n). Untuk melahirkan anak domba (v). Daging domba yang diambil dari domba yang usianya kurang dari satu tahun (n).
Lanolin - wol "grease." Juga disebut yellow.
Larvae - Larva - bentuk dewasa dari banyak hewan, yang menetas dari telur dan sering berbeda dalam penampilannya dari bentuk dewasa.
Leader follower grazing - Pengikut pemimpin dalam suatu penggembalaan domba - dua kelas ternak domba yang memiliki kebutuhan nutrisi yang jelas berbeda, yang merumput berturut-turut di padang rumput.
Legume - Leguminosa - tanaman yang akarnya membentuk asosiasi dengan bakteri soilborne yang dapat menangkap nitrogen atmosfer.
Libido - hasrat seksual.
Lignin - komponen dari dinding sel tanaman yang terjadi secara alami, bersama dengan selulosa.
Linebreeding - perkawinan individu dalam garis tertentu.
Live vaccine - Vaksin hidup - vaksin untuk menyerang virus hidup dan lalu dilemahkan melalui proses kimia atau fisik untuk menghasilkan respon imun tanpa menyebabkan efek parah dari penyakit tersebut.
Lutenizing hormone (LH) - Hormon yang biasanya memicu ovulasi dan merangsang korpus luteum mengeluarkan progesteron. Pada induk domba jantan, akan merangsang produksi testosteron.

M

Macromineral - elemen penting dalam jumlah besar. Termasuk Ca, Mg, P, Na, Cl, dan K.
Mastitis - Radang kelenjar susu.
ME - metabolis energi
Meat and bone meal - makanan dari daging dan tulang - produksi diberikan dari jaringan hewan, termasuk tulang.
Microminerals - Mikromineral - unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil. Juga disebut trace mineral. Termasuk Fe, Co, Cr, Cu, I, Mn, Se, Zn, dan Mo.
Micron - sepersejuta meter. Unit pengukuran untuk diameter serat wol.
Milliliter (ml) - unit volume cairan dalam sistem metrik setara dengan satu seperseribu liter atau sekitar 0.03381 ons cairan dalam sistem Inggris.
Mixed grazing - penggembalaan domba sistem campuran - maksudnya domba-domba merumput bersama dengan dua atau lebih spesies hewan lain yang merumput pada unit lahan yang sama. Juga disebut merumput yang multi-spesies.
Mob - sekelompok domba yang telah pernah berjalan atau mengalami kondisi yang persis sama untuk seluruh musim tanam.
Moorit - coklat.
Morphology - Morfologi - ukuran dan bentuk sperma.
Motility - Motilitas - kemampuan sperma untuk bergerak sendiri.
Mottled-faced - Ada bintik-bintik di wajah domba - memiliki bintik-bintik atau bercak warna pada wajah domba.
Muslim/Moslem - sekelompok orang atau seseorang dari atau di agama Islam.
Mutton - daging dari domba yang lebih tua.

N

NAIS - National Animal Identification System (Sistem Identifikasi Hewan Nasional)
NDF - Neutral Detergent Fiber (serat deterjen yang netral)
NE - Net Energy (energi bersih)
NSIP - National Sheep Improvement Program (Program Peningkatan Domba Nasional). Sebuah program evaluasi genetik komputerisasi untuk domba.
Necropsy - Nekropsi - pemeriksaan postmortem.
Nematode - Nematoda - cacing gelang.
Nutrient management - Pengelolaan hara - Mengidentifikasi bagaimana nutrisi tanaman utama (nitrogen, fosfor dan kalium) harus siap di setiap tahun dikelola untuk produksi tanaman yang diharapkan dan untuk perlindungan kualitas air.

O

Omasum - bagian ketiga dari perut ruminansia yang terletak antara retikulum dan abomasum.
Orf - penyakit kulit akibat virus yang mempengaruhi domba dan kambing.
Organic matter - Bahan Organik - bagian dari tanah yang mencakup sisa-sisa tanaman dan hewan yang membusuk, serta produk dekomposisi yang lengkap, dikenal sebagai humus.
Orthodox - Ortodoks - mengacu pada Gereja Timur.
Ova - sel telur pada induk domba yang berjenis kelamin betina. Juga disebut ovum, oosit.
Ovine - Domba - hal yang berkaitan dengan domba, atau menyerupai domba, atau seekor domba
Ovis - genus taksonomi wthin sub keluarga Caprinae - domba
Ovulation - Ovulasi - pelepasan sel telur yang matang dari ovarium.
Oxytocin - Oksitosin - hormon alami yang penting, yang disekresikan dalam susu dan kontraksi otot rahim yang halus selama proses melahirkan.

P

Paddock - daerah tertutup untuk domba-domba yang sedang merumput.
Parturition - Nifas - tindakan melahirkan.
Pedigree - Silsilah - garis keturunan dari suatu jenis ras domba.
Pelt - kulit domba dengan wol.
Perennial plant - tanaman abadi - suatu atau sekelompok tanaman yang dapat hidup dan berkembangbiak dengan baik pada tiga musim atau lebih.
Periparturient - sekitar waktu melahirkan.
pH - nilai yang menunjukkan keasaman sesuatu (misalnya keasaman rumen, dan atau keasaman tanah).
Phenotype - Fenotip - hasil pengamatan karakteristik dari suatu individu.
Photoperiod - Penyinaran - hubungan antara panjang terang dan gelap dalam waktu 24 jam.
Pinkeye - kondisi dimana konjungtiva (selaput yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih mata) pada domba menjadi meradang atau terinfeksi. Juga disebut konjungtivitis.
Pizzle - penis domba.
Placenta - Plasenta - organ yang memelihara janin di dalam rahim.
Pneumonia - infeksi di paru-paru.
Polled - Disurvei - abscence tanduk.
Predator - hewan yang hidup dengan membunuh dan atau memakan binatang lain.
Probiotic - Probiotik - organisme yang digunakan untuk memanipulasi fermentasi dalam rumen yang hidup.
Progeny - Progeni - keturunan dari suatu individu.
Progesterone - hormon wanita yang disekresi oleh ovarium. Diproduksi dalam jumlah besar oleh plasenta selama kehamilan.
Prolific - Produktif - mampu menghasilkan keturunan yang berlimpah / yang bagus.
Protozoa - hewan pertama; bentuk paling rendah dari kehidupan, semua bersel tunggal.
Purebred - suatu individu (dalam hal ini ; domba) yang seluruhnya dari satu jenis atau satu galur (sebagai lawan dari blasteran).

Q

Q fever (Query fever) - Demam Q - penyakit menular yang menyebar dari hewan ke manusia. Disebabkan oleh mikroba yang disebut Coxiella burnetti.

R

Raddle - pigmen warna yang diterapkan ram Sandung lamur untuk menandai betina sebagai teman.
Ram - domba jantan yang sudah dewasa - uncastrated
Ram effect - merangsang domba betina yang tidak bagus ovulasi nya dengan diperkenalkan seekor domba jantan (teaser ram) secara tiba-tiba.
Refugia - cacing yang belum terkena anthelmintics dan karena itu rentan terhadap terapi obat.
Reticulum - Retikulum - adalah ruang kedua dari saluran pencernaan ruminansia, yang digunakan untuk memilah dan memilih mana partikel tanaman yang baik untuk fermentasi lebih lanjut.
RFID - Radio Frequency Identification - identifikasi frekuensi radio. Mengacu pada teknologi yang menggunakan perangkat yang terpasang di badan domba - yang akan mengirimkan data ke penerima RFID.
Ringwomb - kegagalan leher rahim domba untuk bisa terus melebar selama atau ketika proses kelahiran.
Rotational grazing - penggembalaan domba sistem rotasi - skema merumput dimana domba-domba akan dipindahkan dari satu unit penggembalaan (paddock) ke unit penggembalaan (paddock) yang lain nya yang sudah siap untuk lahan pengembalaan baru berikutnya.
Roughage - Serat - pakan domba yang mengandung serat yang tinggi, rendah nutrisi yang dicerna, dan rendah energi (misalnya, jerami, silase, dan padang rumput).
Roundworm - Cacing gelang -unsegmented cacing dengan tubuh bulat memanjang menunjuk pada kedua ujungnya.
Rumen - kompartemen pertama dari perut hewan ruminansia. Tts bakteri dan protozoa memecah selulosa.
Ruminant - Ruminansia - binatang dengan beberapa perut yang mampu mencerna selulosa.

S

Safe pasture - Padang rumput yang aman - padang rumput yang tidak terinfeksi larva cacing.
Scouring - Menjelajahi - pemisahan yang sebenarnya antara kotoran, minyak, dan benda asing dari minyak wol.
Scours - Gerusan - diare pada ternak domba.
Scrapie - TSE domba dan kambing. Sebuah penyakit otak yang fatal.
Scrotum - Skrotum - kantong dimana testis domba jantan ditangguhkan ke luar tubuh.
Scurs - tanduk kecil yang telah rusak kulitnya, tetapi tidak tumbuh.
Second cuts - potongan kedua - jumbai wol yang pendek dan dipotong setidaknya dua kali oleh geser tersebut.
Selection - Seleksi - memilih keturunan yang menguntungkan bagi indukan domba untuk generasi mendatang.
Selection differential - Seleksi diferensial - perbedaan rata-rata dari individu yang dipilih untuk menjadi indukan domba yang handal untuk keseluruhan populasi.
Selection index - Seleksi Indeks - kombinasi linear dari informasi dan pembobotan faktor fenotip digunakan untuk prediksi genetik.
Semen - kombinasi sperma, cairan mani, dan sekresi reproduksi induk domba jantan.
Sharps - Benda tajam, seperti jarum, jarum suntik, pisau bedah, slide, pipet, dan hal lain yang dapat menusuk kulit.
Shear - Geser - tindakan memotong wol.
Sheath - Selubung - struktur yang membungkus atau menutupi seluruh atau sebagian organ tubuh domba.
Shed lambing - domba perumahan dan atau domba yang baru lahir di kandang atau di gudang - selanjutnya peternak menyediakan makanan, tempat tinggal, dan perawatan medis segera setelah lahir dan selama masa mengasuh anak.
Silage - Silase - fodder (livestock feed) / pakan ternak yang disiapkan dengan cara menyimpan nya dan mem fermentasi tanaman pakan hijau dalam silo.
Sire - ayah, indukan jantan domba.
Skirting - menghapus bagian yang bernoda, atau menghapus bagian yang tidak dapat digunakan, atau tidak diinginkan lagi dari bulu domba.
Slime graft - graft Lendir - menggosok cairan janin dan membran domba betina ke anak domba yang ingin anda graft.
Smut-faced - blackface versus Whiteface
Somatic cell count - Jumlah sel somatik - jumlah sel darah putih per mililiter susu atau pengukuran jumlah sel somatik dalam sampel susu.
Sperm - Sperma - sel reproduksi pada indukan domba jantan.
Spermatogenesis - produksi sperma
Spin - proses serat alam (bulu domba) menjadi benang woll.
Staple - mengacu pada panjang wol yang dicukur; dalam perdagangan, mengacu pada panjang wol lagi dalam kelas.
STAR © System - mempercepat sistem beranak dimana domba betina menghasilkan lima anakan domba dalam waktu tiga tahun.
Stillborn - tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan pada saat lahir.
Stocking density - Padat penebaran - hubungan antara jumlah domba dengan lahan gembala pada waktu tertentu.
Stocking rate - tingkat stocking  - jumlah, jenis dan atau kelas unit lahan sebagai tempat domba merumput untuk jangka waktu tertentu yang spesifik.
Stockpiled forage - Ditimbun hijauan - pakan yang dibiarkan menumpuk untuk (nanti) sebagai bahan hijauan bagi domba ketika merumput.
Straw - batang tanaman gandum, barlely, atau oat yang dipotong dan sering digunakan untuk tempat tidur domba. Kadang-kadang, jerami diumpankan ke domba.
Strip grazing - Jalur merumput - membatasi area lahan penggembalaan domba sebagai tempat merumput dalam waktu yang relatif singkat.
Stun - Setrum - membuat hal yang tidak masuk akal.
Subcutaneous (sub-Q, SQ) - Subkutan (sub-Q, SQ) - di bawah kulit.
Sustainable agriculture - Pertanian yang berkelanjutan - pendekatan kata / istilah untuk tumbuh nya makanan dan serat yang menguntungkan, menggunakan sumber daya on-farm secara efisien untuk meminimalkan efek buruk pada lingkungan dan orang-orang, menjaga produktivitas alam dan kualitas tanah dan air, dan menopang masyarakat pedesaan yang hidup.

T

Tapeworm - Cacing pita - seperti cacing pipih yang merupakan parasit dalam usus vertebrata.
Targeted Selective Treatment (TST) - Target Pengobatan Selektif - strategi pengobatan dimana hanya hewan yang memerlukan perawatan (biasanya penyakit cacingan) yang akan mendapat manfaat dari acara pengobatan tersebut.
Teaser - ram yang telah dimodifikasi / telah dilakuakn pembedahan dan mencegah indukan domba betina agar tak bisa reproduksi.
Testosterone - Testosteron - hormon yang mempromosikan pengembangan dan pemeliharaan karakteristik seks indukan domba jantan.
Top - seuntai serat panjang yang telah diluruskan, dibuat paralel dan dipisahkan dari serat yang lebih pendek dengan menyisir-nya.
Top dress - sebuah proses yang berarti berlaku ke atas.
Total Digestible Nutrients (TDN) - Jumlah Nutrisi yang tercerna - sistem standar untuk mengekspresikan nilai energi feed.
Toxoid - Toksoid - Sebuah zat yang telah dirawat untuk mampu menghancurkan sifat beracun tetapi tetap memiliki kapasitas untuk merangsang produksi antitoxins, digunakan dalam imunisasi.
Tup - istilah dalam bahasa Inggris uncastrated untuk domba jantan dewasa.

U

Udder - Ambing - organ susu pada hewan sapi atau domba.
Ultrasound - USG prosedur - gelombang suara berenergi tinggi (ultrasound) yang memantul dari jaringan internal maupun organ dan membuat gema.
Urea - produk akhir dari sebuah metabolisme protein pada mamalia.
Uterus - Rahim - organ dalam indukan domba betina dimana itu adalah tempat janin bisa berkembang.

V

Vaccine - Vaksin - injeksi yang diberikan kepada domba untuk mencegah atau mengobati penyakit pada kambing / domba tersebut.
Vagina - kanal yang berbentuk lorong dari rahim ke luar tubuh domba betina. bisa juga disebut "Jalan lahir".
Vegetable matter - Hal sayuran - bahan yang berasal dari tumbuhan yang ditemukan di bulu, seperti Gerinda, stiker, sekam dan kepala benih.
Vegetative - Vegetatif - suatu istilah dalam hal tahap perkembangan pertumbuhan tanaman. Yaitu bagian tanaman yang non-reproduksi, seperti daun dan batang; berbeda dengan bagian tanaman reproduksi, yaitu seperti bunga dan biji.
VFA - Volatile Fatty Acid (asam lemak volatil)

W

Warm season plant - Tanaman musim hangat / musim panas - tanaman-tanaman ini tumbuh selama akhir musim semi, musim panas, atau awal musim gugur.
Weaning - Penyapihan - pemisahan mamalia muda (anak domba) dari sumber susu mereka.
Weed - tanaman yang bisa tumbuh subur di mana-mana / bahkan bisa tumbuh subur di tempat yang tidak diinginkan.
Wet graft - merendam domba yang akan dicangkokkan, bersama dengan anak domba betina itu sendiri, ke dalam larutan garam jenuh.
Wether - domba jantan yang dikebiri.
Withdrawal period - Periode penarikan - adalah waktu ketika obat tidak harus diberikan sebelum pemasaran untuk memastikan bahwa tidak ada residu obat tetap dalam daging atau susu.
Wool pool - tempat pengumpulan bagi banyak produsen untuk menjual wol mereka.
Woolen - Wol - benang yang terbuat dari serat dengan panjang 1-3 inci dan yang telah digaruk saja. Kain benang wol ditandai dengan fuzzy, tebal, dan besar.
Worsted - Wol - benang wol yang panjang dengan serat yang telah disisir sebelum diputar. Dengan menyisir wol, maka akan menghasilkan serat yang lebih paralel.

X

Y

Yearling - binatang / hewan yang memiliki usia antara 1 sampai dengan 2 tahun.
Yeast - Ragi - jamur ber-sel tunggal yang dapat meningkatkan lebih bagusnya sistem pencernaan makanan pada perut domba dengan merangsang aktivitas mikroba.
Yoe - istilah lain untuk menyebut seekor domba betina yang telah dewasa.

Z

Zero grazing - sistem penggembalaan nol - metode pemeliharaan ternak domba di kandang yang kecil, dimana sebagian besar pakan ternak tersebut adalah tumbuh di tempat lain dan lalu pakan tersebut dibawa ke kandang.
Zoonoses - Zoonosis - penyakit yang menular antara manusia dan hewan.

Source from here.

No comments:

Post a Comment