Sunday, July 5, 2015

Memahami Manfaat Pagar Listrik (Electric Fence) untuk Keamanan Area Peternakan di Padang Rumput (Pastura)

Mungkin diantara kita ada yang bertanya-tanya pada awalnya. Mengapa harus di pasang pagar listrik (Electric Fence) di batas atau pembatas area peternakan, terutama di perbatasan padang rumput kita?

Baik, dalam kesempatan ini kami ingin berbagi matemi untuk kepada anda, walau pun sebenarnya kami pun adalah orang baru dalam hal pemahaman dunia peternakan domba dan juga orang baru perihal pagar listrik untuk padang rumput.

Pagar Listrik (Electric Fence) adalah layaknya pagar pada umumnya yaitu berfungsi agar hewan ternak kita tidak bisa keluar dari area pengembalaan yang telah kita tentukan batas-batasnya.

Untuk tingkatan selanjutnya, maka penggunaan pagar listik diharapkan dapat menghalau / mengatasi hal-hal berikut ini:

  1. Dapat meyakinkan peternak bahwa ternak mereka tidak mungkin bisa keluar dari area gembala yang di kelilingi pagar listrik (kecuali jika aliran listrik tiba-tiba mati, maka ternak bisa saja menerobos pagar listrik yang berupa kawat tersebut).
  2. Meminimalkan resiko masuknya predator-predator ke dalam area pengembalaan domba kita, misalnya menghalau Anjing liar, serigala dan hewan predator lain, bahkan tidak hanya dari hewan saja, bisa juga dari gangguan manusia.
  3. Pagar listrik juga bermanfaat sebagai pembatas dari satu area gembalaan ke area lainnya (misalnya pagar listrik digunakan untuk memisahkan mana area yang sedang aktif digunakan gembalaan dan mana area yang sedang di suburkan dahulu rumputnya untuk persediaan lahan gembalaan berikutnya), maka bisa kita menyekat batas-batas tersebut menggunakan pagar listrik, sehingga itu lebih hemat, efektif dan efisien karena bisa di pindah-pindah tempat, hal itu jika padang rumput kita adalah sewaan. Tetapi jika padang rumput kita milik pribadi, maka membuat pembatas pagar permanent dari batu bata pun sebetulnya sudah bagus juga. Jadi tergantung status lahan gembalaan kita, apakah punya sendiri atau sewa.

Sebagai informasi tambahan dan pengetahuan kita semua, berikut ini kami sajikan beberapa karakteristik secara umum dari suatu produk Pagar Listrik (Electric Fence). Ini penting untuk mengetahui lebih dini tentang keberadaaan alat ini:

  1. Alat ini, biasanya memiliki Power supply sebesar 12 volt dengan Input Arus listrik sebesar 180mA
  2. Sumber listrik bisa memakai listrik PLN atau bisa juga dari Accu 12V dan untuk men-charge ulang Aki, kita bisa menggunakan solar panel (energi listrik tenaga surya) jika padang rumput kita adalah jauh dari sumber listrik PLN.
  3. Sebuah alat Electric Fence ini, memiliki maksimum output arus ada yang sebesar 1 Joule
  4. Dan Interval waktu arus yang di pancarkan alat ini adalah setiap 1.2 detik.
  5. Alat ini juga sudah dilengkapi dengan sistem no charge sendiri jika proses charge sudah penuh dan juga sudah dilengkapi pengaman bila pemasangan power terbalik.
  6. Ada pula yang sudah memakai inikator lampu pada saat proses charge dan discharge.
  7. Untuk maximum tegangan arus yang mampu dikeluarkan alat ini adalah sampai mencapai 12 kv (besar sekali).
  8. Maksimum pagar yang bisa dibentangkan adalah sejauh 2 km s.d 3 km.

Sebenarnya, jika kita kembangkan lebih jauh tentang manfaat besar dari Pagar Listrik (Electric Fence), maka akan sangat banyak manfaatnya, dan bukan hanya untuk padang rumput peternakan saja, tapi bisa juga di aplikasikan pada pembatas area hutan lindung dan lain-lain.

Dan utuk saat ini, itulah yang bisa kami share kan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

3 comments:

  1. mohon ijin . mohon bantuan nya dimana saya bisa mendapat tenaga ahlinya untuk memasang kabel listrik atau dimana tempat beli pagar listrik .hub saya 0818228667

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi pak Tommy kuncoro. untuk hal yang bapak ingin, untuk saat ini, kami tidak bisa memberi rekomendasi pihak mana yang kompeten untuk itu. Disini kami mencoba untuk menyambungkan antara calon pembeli dan juga calon produsennya. Semoga ada pihak terkait yang melihat keinginan bapak ini dan bisa menjadi partner bapak di kemudian hari. Salam.

      Delete
  2. http://t4murah.com/jual-pemancar-arus-pagar-listrik-untuk-pertanian-perkebunan-peternakan-dll-murah

    ReplyDelete