Friday, July 3, 2015

Inilah Beberapa Keunggulan Beternak Domba dengan Sistem Gembala di Padang Rumput

Sebagaimana sudah difahami oleh banyak para peternak domba, bahwasannya untuk hal usaha peternakan domba yang sukses, maka sistem gembala domba adalah memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem kandang tertutup.

Dalam kesempatan ini, kami akan mengulas point-point penting dari beberapa keunggulan jika dalam hal beternak domba, kita memilih dengan sistem gembala di padang rumput, yaitu:

  1. Sistem Gembala domba adalah jelas bahwa sistem tersebut yang di anjurkan oleh agama. Terdapat beberapa penjelasan perihal gembala domba di padang rumput di berbagai ajaran agama.
  2. Kehidupan domba akan sesuai dengan fitrah-nya (asli-nya), yaitu domba bermula hidup di alam bebas, seperti di padang rumput.
  3. Domba terlihat menjadi lebih sehat dan kuat (baik lahir nya maupun kondisi psikis nya), dalam hal ini, tentunya peternak harus selalu melakukan cek kesehatan secara terus menerus (berkala) untuk bagaimana kondisi domba-domba mereka?, terutama mendeteksi secara dini domba kita dari kemungkinan terserang penyakit cacingan (karena domba kita akan langsung menyantap rumput dari alam, dari dekat permukaan tanah yang secara teori adalah lebih dekat dengan sumber cacing). Dan peternak harus segera mengobatinya ketika mengetahui ada domba yang terserang cacingan.
  4. Status peternakan domba kita akan terkesan lebih profesional jika sistem beternak domba kita menggunakan sistem gembala, karena apa?, secara real peternak domba dengan sistem gembala (dengan semangat juang yang tinggi), mereka pada akhirnya akan memiliki lebih banyak domba dan akan lebih mudah dalam mengelola domba-dombanya.
  5. Menjadi suatu tontonan yang menarik ketika kita menyaksikan kawanan domba yang sedang makan rumput dengan nyamannya, dari sana, bisa saja kita menjadi semakin bersemangat dalam hal ternak domba karena terbawa oleh suasana hamparan padang rumput yang dipenuhi oleh domba-domba kita yang sehat. Maka kita pun menjadi lebih terpacu semangat bekerja dan fokus dalam merintis dan melanjutkan usaha ternak domba menjadi lebih besar dan besar lagi.

Di balik kelima data diatas, kami pun sadar dan faham bahwa untuk bisa melakukan / menjalankan sistem beternak domba di padang rumput terbuka adalah memang membutuhkan modal yang tidak sedikit (butuh modal besar). Bisa membeli lahan padang rumput atau bisa juga dengan sistem sewa lahan tersebut, dan itu memang membutuhkan uang banyak. Tetapi yakinlah, dimana ada kemauan dan keinginan yang tulus, ikhlas, sungguh-sungguh ingin mencapainya, disana pasti ada solusi yang mengarah ke cita-cita kita tersebut. Intinya tetap semangat dan terus berusaha memperjuangan hak kita, yaitu hak untuk bisa sukses beternak domba dengan sistem gembala di padang rumput. Amin.

Sumber foto: dari sini.

No comments:

Post a Comment