Wednesday, July 1, 2015

Kumpulan Fakta Unik dan Menarik tentang Domba Gembalaan

  1. Domba adalah hewan yang tidak cerdas tapi mereka sangat lihai dan cekatan dalam menentukan siapa yang harus dijadikan pimpinan nya (pimpinan domba = Leader Sheep).
  2. Domba adalah hewan yang suka bergerombol, sehingga ketika ada domba yang terpisah, maka domba tersebut akan panik dan mencari-cari kawanannya. Makanya kita sering mendengar suara domba memanggil-manggil teman-temannya ketika domba tersebut terpisah sendirian.
  3. Ketika sedang makan rumput di tegalan (padang rumput), maka secara berkala setiap domba akan selalu menyempatkan diri melihat atau menengok keberadaan teman-temannya. Jadi intinya mereka akan selalu ingin terus bergerombol.
  4. Dalam satu kelompok domba yang sedang digembalakan, akan ada satu pimpinan domba (yang dipilih berdasarkan nomor 1 diatas).
  5. Seorang pengembala yang hebat akan dapat menyenali dengan mudah, mana domba pimpinan dari sekelompok domba gembalaannya. Sehingga dengan mengetahui mana pimpinan domba, maka akan dengan sangat mudah mengatur domba-domba lainnya, karena seluruh domba akan mengikuti dan menta'ati apa yang dilakukan atau di instruksikan oleh pimpinan domba tersebut.
  6. Ciri dari Pimpinan Domba biasanya terlihat yang paling banyak aktifitasnya, dia terlihat sangat sensitif dan sangat peka terhadap perubahan lingkungan sekitarnya, termasuk perubahan suhu, kebisingan dan dapat mendeteksi pertanda bahaya dari luar. Dan jika ternyata benar ada bahaya, maka pimpinan domba akan duluan berlari dan otomatis di ikuti seluruh domba kelompoknya (dalam rangka menyelamatkan diri).
  7. Dengan kata lain, domba pemimpin adalah yang pertama kali berlari ketika kandang atau pembatas dibuka meskipun semua domba memiliki kesempatan yang sama untuk menembus pintu tersebut.
  8. Domba pemimpin akan dengan sigap menoleh ke kiri dan ke kanan untuk terus mendeteksi dimana saja ada peluang atau potensi adanya makanan, juga akan mendeteksi dimana saja ada kemungkinan bahaya yang bisa mengamcam dia dan kelompoknya.
  9. Ketika dibariskan dan disuruh jalan, maka domba pimpinan akan berjalan di depan damn lalu akan di ikuti oleh kawanan domba kelompoknya tersebut.

Sumber inspirasi bacaan dari sini.

Sumber gambar.

No comments:

Post a Comment