Monday, July 6, 2015

1 Hektar Padang Rumput adalah untuk Mengembala 70 ekor Domba

Contoh Padang Rumput, lengkap dengan fasilitas Pagar Listrik
(sebagai pembatas dan pengaman areal gembalaan).
Padang Rumput yang merupakan tempat gembala domba adalah jelas akan selalu menjadi hal pokok dalam sistem peternakan domba secara gembalaan. Ketersediaan padang rumput bisa dengan sistem sewa atau membeli sendiri lahan baru untuk dijadikan padang rumput.

Untuk bagusnya pemeliharaan domba di padang rumput, maka adalah sangat penting untuk mengetahui ukuran baku untuk berapa luaskan padang rumput yang diperlukan untuk gembala domba kita. Dan berdasarkan postingan kami sebelumnya disini, maka dalam postingan sekarang kami ingin share lagi untuk lebih mempertegas hal tersebut. Mengapa kami angkat lagi topik ini?, karena jelas hal ini adalah penting untuk menjadi pedoman.

Setelah dilakukan kalkulasi, maka kami mendapatkan patokan bahwa untuk luas lahan seluas 1 (satu) Hektar Padang Rumput, maka itu adalah cocok atau pas untuk mengembalakan domba sebanyak 70 (Tujuh puluh) ekor Domba. Jika anda mempunyai lahan dua hektar, maka tentunya domba yang bisa digembalakan sebanyak 140 ekor.

Ukuran tersebut di atas berlaku untuk sistem gembala di rotasi tempatnya. Maksudnya, misalnya kita memiliki lahan seluas 1 hektar, berarti itu muat untuk gembala 70 ekor. Nah, sebenarnya pada satu session; lahan yang terpakai itu adalah setengahnya. Jadi untuk 70 ekor domba tersebut adalah digembala di luas lahan setengah hektar. Lalu mengapa kami menyebutkan bahwa 70 ekor itu harus di lahan 1 (satu) hektar?, Itu karena ketika ternak kita merumput berada di lahan A yang setengah hektar, maka peternak harus sudah sigap mempersiapkan area yang sebelahnya lagi yang setengah hektar. Nanti jika ketersediaan rumput di area A sudah menipis (gundul) karerna di makan terus oleh domba, maka kita bisa memindahkan ternak domba kita ke lahan Area B yang telah siap dengan rumput segarnya. Itulah maksud sistem Rotasi. Begitu terus-menerus berulang.

Adalah tugas peternak atau pengembala untuk berusaha keras bagaimana agar rumput cepat tumbuh dan sehat dimakan domba-dombanya. Kami menyarankan anda untuk menanam jenis rumput alfalfa karena jelas itu adalah jenis rumput terbaik agar domba kita cepat tumbuh besar dan sehat.

Jika anda memiliki nilai luas yang lain, maka anda bisa menggunakan file hitungan yang telah kami buat dalam format file Microsoft Office Excel 2007, silahkan di download di link ini.

Keterangan:
  • 1 hektar = 10.000 m2 = 700 bata
  • 1 bata = 14,285720 m2 = 0,001429 hektar
  • 10 bata = untuk menggembalakan 1 ekor domba
  • 1 hektar = untuk menggembalakan 70 ekor domba
Semoga bermanfaat.

Foto Source

No comments:

Post a Comment