Tuesday, October 6, 2015

Tips agar Kandang Domba atau Kambing aman dari aksi pencurian

Maksudnya, agar ternak domba kita aman, tidak mudah dibobol kena maling ternak. Diakui atau tidak, rasa khawatir akan digondolnya ternak kita oleh spesialis pencuri ternak adalah salah-satu penghambat dalam perkembangan usaha peternakan domba dan kambing di Indonesia. Perlu peran aktif dari semua pihak untuk mendapatkan solusi praktis dari permasalahan kasus pencurian hewan ternak tersebut.

Lalu, apa sebenarnya akar permasalahan dan motif umum dari terjadinya kasus pencurian ternak hewan peliharaan (domba & kambing) dan hewan lainnya?, dan bagaimana solusinya?, ini dia akan kita bahas bersama:

  1. Kemiskinan dan pengangguran merajalela, itu akibat dari kurangnya lapangan kerja, PHK dimana-mana. Kenapa lapangan kerja berkurang?, itu bisa saja karena sedang ada krisis ekonomi secara keseluruhan, sehingga produksi pabrik berkurang dan pekerja lah yang menjadi korban di PHK. Dan untuk hal kurangnya lapangan kerja, maka jika kebanyakan pribadi / SDM di kita adalah bagus, maka mencuri tentunya bukan satu-satunya jalan keluar untuk mendapatkan uang. Seorang pribadi yang berbudi luhur, tentu akan memiliki pemikiran jauh kedepan yang positif, Artinya ketika seseorang merasa kekurangan materi, maka berusaha untuk belajar wirausaha adalah solusi terbaik. dia tidak menggantungkan nasib suksesnya menjadi sekedar hanya seorang karyawan atau buruh pabrik saja, tapi dia berjuang keras untuk bagaimana menjadi seorang wirausaha yang menuju handal walau harus dengan berjalan merangkak dari Nol - itu semua jika pola pikir SDM di masyarakat kita adalah hebat.
  2. Sistem patroli keamanan di jalan pada siang dan terlebih lagi pada malam hari oleh Pihak Kepolisan yang bisa saja belum optimal. Jika sistem patroli jalan terus di tingkatkan dengan banyak berkeliling di jalan-jalan warga terutama pada malam hari, maka tentu saja itu akan mempersempit ruang gerak pencuri yang biasanya untuk jaman sekarang sudah bergerombol dalam satu mobil (misalnya), itu cuma contoh.
  3. Sistem ronda warga yang tidak berjalan optimal, atau sama sekali lumpuhnya sistem ronda warga. Ini juga jadi pemicu untuk pencuri dengan tenangnya bisa beraksi. Tapi jangan sampai kecolongan juga bahwa walaupun sistem ronda sudah berjalan, bisa saja tetap kecolongan pencuri, oleh karena sistem ronda yang biasanya meronda pada jam 10 malam sampai dengan jam 3 pagi dan juga sistem ronda yang cuma makan-makan (istilah sunda : cuma ngaliwet saja di dekat pos ronda dan tidak melakukan kontrol sambil membunyikan "pentungan - suda: kohkol" secara sering ke seluruh pelosok kampung), maka pencuri beraksinya pada jam setelah jam 3 pagi. Maka dari itu, hati-hati kepada pemilik ternak, jangan tidur lagi dari jam 3 pagi, karena itu waktu yang empuk dan tepat bagi para pencuri untuk mulai beraksi (karena ronda sudah bubar setelah jam 3 pagi).
  4. Sistem keamanan kandang yang sangat lemah. Perlu difahami bersama bahwa suatu kandang yang bagus (maksudnya kandang yang dengan itu akan mempersulit pencuri beraksi di kandang) ; adalah sbb:
    - Kandang yang terbut dari tembok yang pinggirnya (ventilasi nya) terbuat dari serangkaian pipa besi yang biasa dipakai untuk antena TV. itu akan mempersulit aksi pencuri.
    - Kandang terkunci double atau kalau bisa trible, jadi kunci kita berlapis tiga kuci - beli lah kunci yang dengan kualitas bagus. Hitunglah itu sebagai biaya investasi kita. jangan membeli kunci biasa-biasa saja yang dengan alat kawat biasa saja sudah bisa dibuka maling.
    - Kandang ada fasilitas alarm. untuk alarm yang harus disediakan - adalah ada dua alarm. yang pertama Alarm otomatis, dimana alarm akan aktif jika pemicu alarm ter-aktifkan oleh aktivitas maling. dan juga ada alam manual. Alarm manual ini adanya di pusat ruang jaga, alarm manual ini tidak menggunakan listrik PLN saja, tapi menggunakan accu UPS - itu untuk meng antisipasi jika pada waktu maling beraksi, listrik pln padam, entah itu padam dari PLN, atau di putuskan kabelnya dulu oleh si maling. Maka wajib memakai UPS yang ditempatkan di tempat yang tidak mungkin bisa di sentuh maling untuk mencapai alat tsb. lalu alarm manual pun otomatis tersebut kita hubungkan dengan suatu pengeras suara dan tinggal tekan tombol saja untuk membunyikannya. maka suara alarm berbunyi yang mampu membangunkan warga sekitar dan membuat para maling kocar-kacir kabur karena ketakutan diburu banyak warga.
  5. Biasanya kasus pencurian hewan ternak itu, suka ada orang dalamnya, atau suka ada orang dekat yang bisa mengawasi / menginformasikan kondisi area peternakan, apakah sudah aman atau tidak, maka dari itu, kita sebagai peternak harus selalu bisa merangkul seluruh orang atau warga yang dekat dengan peternakan kita. jadikan mereka (warga sekitar) sebagai teman kita. Bantu susah meraka, karena bisa jadi ketika mereka susah dan lalu iman mereka kurang, itu bisa menjadi pemicu ke arah maling, walaupun dia hanya sebatas pemberi informasi saja. Maka sekali lagi, adalah wajib bagi para peternak untuk berbudi pekerti baik dan ringan tangan / suka memberi dan menumbuhkan kasih sayang + suka membantu khususnya membantu kesusahan warga sekitar. Jika peternak cuek dan tidak peduli lingkungan peternakan, maka sudah bisa dipastikan bahwa akan ada seseorang yang secara diam-diam dan tidak secara langsung adalah menjadi pemberi informasi kepada tim pencuri sesungguhnya. Maka waspadalah dan rangkul semua orang di lingkungan peternakan kita - Jadikan mereka semua adalah teman kita. Bantu mereka, tumbuhkan kasih sayang kepada mereka.
  6. Perlu juga di peternakan kita ada suatu pos jaga khusus untuk menjaga area peternakan baik siang atau malam (terutama malam hari), buatlah jadwal piket per malam nya. minimal yang piket adalah dua orang. Itu jangan sampai tidur, harus terus terjaga dengan bekal peralatan jaga yang kumplit, seperti senter sorot yang bagus, sistem alarm (yang otomatis dan manual yang bagus - seperti yang kami jelaskan di atas), dan ruangan jaga yang tidak masuk angin malam. artinya desain ruang jaga usahakan jangan seperti pos ronda pada umumnya. Ruang Jaga kita harus tertutup jangan sampai angin malam bisa masuk. kalau sekedar ventilasi sih ya harus ada, tapi jangan banyak angin malam masuk karena itu tidak bagus untuk kesehatan. Nah, untuk ruangan jaga, maka perbanyak kaca, jadi walaupun ruangan jaga tertutup, tapi para penjaga bisa dengan sangat mudah memantau kondisi lingkungan sekitar karena 99% pinggir ruangan jaga tersebut adalah kaca.
    PENTING : Jika ada hal yang mencurigakan, penjaga jangan keluar dari ruang jaga, maksudnya misalnya jika ada sesuatu yang mencurigakan yang bergerak-gerak di kejauhan sana, jangan di samperin / jangan di cek manual didekati kesana, karena itu bisa saja suatu jebakan dari para pencuri untuk memancing penjaga keluar dari area jaga nya, yang justru ketika penjaga keluar area jaga, eh, maling nyelundup dari belakang. Lalu bagaimana sikap penjaga?: bagusnya, terus saja di sorot pakai senter. usahakan senternya yang langsung dari listrik pln ya, agar bisa tahan sorot. nanti juga akan kalang kabut sendiri dan akhirnya pergi pencurinya jika toh itu adalah modus pencuri untuk mengelabui penjaga. Nah sambil menyorotkan senter tersebut, secara berkala penjaga bisa memukul kentungan (sunda: "kohkol") - kami yakin itu akan membuat pencuri tidak nyaman dan pergi meninggalkan target sasaran. Oh ya, siap-siap juga cek alarm manual nya, jika benar itu pencuri, langsung bunyikan alarm saja. lebih baik pencuri kabur langsung daripada menunggu hal lainnya terjadi, bukan?
  7. Kurang berani berinvestasi beli CCTV, akhirnya tidak tahu kondisi kandang. Maka dari itu, adalah penting untuk berani mengeluarkan modal/uang untuk membeli perangkat CCTV, lalu kita pasang beberapa kamera CCTV tersebut di beberapa titik rawan yang di prediksi secara mau tidak mau harus dilewati maling. Jangan di umpetin, terang-terangan saja menempatkan kamera CCTV nya. biarkan para pencuri tersebut mengetahui keberadaan CCTV tersebut sebelum jauh hari pencuri beraksi. Nanti akan ada dua opsi kejadian, ketika benar-benar ada maling, yaitu, pertama: sistem cctv menjadi tiba-tiba off karena di rusak maling (jika itu terjadi maka langsung nyalakan alarm manual dengan suara pelan saja dulu seadanya, jangan di lihat dulu ke lapangan apa yang terjadi) atau opsi kedua, peluang yang akan terjadi adalah maling nya sendiri ketahuan duluan. maka di saat seperti itu, bunyikan saja alarm manual. Tentu sistem cctv ini akan berjalan baik jika petugas khusus penjaga monitor CCTV adalah senantiasa stand-by di ruang khusus pengamatan CCTV.

Itulah sedikit tips ringan untuk bagaimana peternakan kita aman dari aksi pencurian. walau memang tidak ada jaminan 100% berhasil, tapi itulah langkah usaha atau ikhtiar yang bisa kita lakukan. selebihnya jika semua hal di atas sudah kita lakukan dengan sebaik kita, maka bertawakkal lah kepada Allah SWT. karena semuanya milik Allah, kita cuma ketitipan saja, maka mintalah pertolongan dan penjagaan kepada-Nya agar kita diberikan yang terbaik menurut-Nya. Amin.

Dan jika toh, tetap ada ternak kita yang digondol maling, dan telah berusaha se-optimal mungkin untuk mencarinya dan juga telah lapor polisi tetapi tidak ketemu ternak kita, maka YAKIN itu akan menjadi simpanan tabungan amal sholeh kita di akhirat kelak. Yang kehilangan adalah berhak untuk meminta pertanggung jawaban kepada sang pencuri nanti di Pengadilan Maha Adil, Pengadilan Allah SWT. Jika telah di akhirat, maka yang berbicara adalah Amal. Dalam arti, sebagai ganti domba kita yang di curi, maka amal baik sang pencuri akan diberikan kepada peternak yang dicuri ternaknya.

Jadi, tetaplah semangat untuk terus bekerja keras membangun, merintis dan membesarkan peternakan domba kita masing-masing. Tidak ada lagi alasan untuk takut dicuri orang terhadap ternak kita. Tidak ada lagi hal yang harus di khawatirkan karena kita telah memahami bahwa di "ending" nya nanti, masih ada Pengadilan Maha Adil, pengadilan akhirat yang dipimpin Allah SWT, yang bertugas untuk menyelesaikan segala perkara pelanggaran yang tidak terselesaikan di dunia ini.

Demikian, semoga meng inspirasi dan memotivasi semua peternak domba dan kambing di Indonesia agar terus semangat beternak KaDo (KAmbing dan DOmba).

No comments:

Post a Comment