Saturday, October 17, 2015

Kumpulan hal-hal penting usaha domba dan kambing

Sobat ingin menjadi pengusaha peternak domba yang sukses, fahami dulu beberapa hal penting penunjang suksesnya usaha ternak domba. Hal-hal berikut ini adalah sangat penting untuk sama-sama difahami oleh semua peternak domba dan kambing yang sedang belajar merintis menjalankan usaha peternakan domba ataupun kambing, adalah:
  1. Domba kita harus diberi pakan hijauan sebanyak 10- 20%  bobot domba tersebut. Jika di rata-ratakan sekitar 5 kg rumput per ekor domba per hari.
  2. Pemberian pakan konsentrat juga perlu, banyaknya adalah 2-4% dari bobot tubuh domba.
  3. Beri juga mineral yang cukup (bisa berupa garam) sebanyak 1% dari bobot tubuh domba. Pemberian garam, fungsi utamanya adalah untuk lebih merangsang domba kita agar cepat haus dan akhirnya menjadi terpaksa doyan minum.
  4. Nah, kebutuhan air minum untuk domba adalah kira-kira 3-4 liter per ekor domba.
  5. Agar senantiasa sehat dan meminimalisir segala macam penyakit kulit pada domba, maka mandikan domba sobat seminggu sekali (jika musim kemarau). tapi kalau musim hujan, ya atur saja jangan terlalu sering dimandikan nanti kedinginan dombanya.
  6. Beri obat cacingan secara berkala. Mau terserang cacing, mau tidak, tetap kita kasih aja obat cacing ke domba-domba kita setiap sebulan sekali ya. Itu buat jaga-jaga agar domba kita terbebas penyakit cacingan.
  7. Bersihkan kandang domba setiap hari dua kali, pagi dan sore. itu wajib, sobat. Kandang bersih, maka ternak domba pun Insya Alloh sukses. Tentunya anak kandang pun harus duluan bersih dong, itu harus.
  8. Cukur bulu domba yang sudah terlihat gondrong atau gimbal, biasanya setiap 6 bulan sekali atau lihat situasi saja kalau sudah panjang bulu nya, langsung kita cukur. tapi sisakan sekitar 0.5 cm bulu nya. agar domba tidak merasa kedinginan nanti.
  9. Potong kuku domba secara berkala. biasanya setiap 4 bulan sekali. atau di lihat sikon saja. potongnya bisa pakai gunting khusus motong yang tajam.
  10. Jika sobat ingin memelihara domba / kambingnya dengan sistem menyediakan rumput dari lahan sendiri atau bahkan ingin dengan sistem gembala di lahan sendiri, maka sobat memerlukan luas lahan rumput hijauan seluas 10 bata atau 143 m2.
  11. Oh ya, pada saat membuat kandang domba, usahakan depannya kandang itu menghadap arah sinar matahari pagi ya, itu agar domba-domba kita secara otomatis kena sinar matahari pagi yang sangat bagus untuk menambah daya tahan / ketahanan tubuh domba dan membuat domba lebih sehat dan tidak mudah sakit-sakitan.
  12. Domba / kambing betina mulai dikawinkan biasanya jika sudah lebih dari usia 1 tahun sob. Sebenarnya umur dewasa kelamin pada kambing/domba itu adalah 8-10 bulan. tapi agar lebih matang, lebih baik mulai di kawinkannya setelah lebih usia 1 tahun.
  13. Nah, di umum 1.5 tahun-an, kambing betina sudah mulai bisa melahirkan anak. karena lama hamil kambing itu kan sekitar 5 bulan.
  14. Biasanya, dalam setiap kurun waktu dua tahun, maka domba atau kambing bisa beranak sebanyak tiga kali.
  15. Dalam setiap beranak, biasanya suka lahir kembar. ada juga memang sih yang lahir cuma se ekor, ada juga yang lahir 3 ekor, bahkan 4 ekor. tapi rata-rata suka dua ekor.
  16. Khusus untuk kambing perah, yang diambil susunya, ini dia pengetahuan penting tentang segala hal apa dan bagaimana itu susu kambing etawa, masuk sini sob.
  17. Untuk ukuran kandang yang ideal, baik untuk kambing pun domba, kita seragamkan saja, ukurannya adalah 1.5x1.5 meter. Itu ukuran untuk per satu ekor kambing (lain soal jika kandangnya sistem koloni, digabungin dalam satu ruang). dan ukuran 1.5x1.5 m tersebut, si tempat pakan dan minum ada di luar area kandang. Kenapa tempat pakan dan air ada di luar? agar tidak ke injak-injak atau tercemar oleh si kambingnya sendiri.
  18. Kalau kita mengurusnya hebat, maka kambing itu akan melahirkan anak setiap 7 bulan sekali loh, sob.
  19. Dan kambing dapat di kawinkan lagi setelah satu bulan sejak melahirkan.
  20. Anak kambing dapat disapih . dipisah mulai usia atau pada usia 3 s.d 4 bulan.
  21. Untuk Siklus birahi kambing betina adalah 17 – 21 hari. cirinya kambing/domba lagi birahi adalah: dia kelihatan gelisah, sering ngembee, nafsu makan berkurang, kalau di dekatkan ke jantan, suka diem "bersikap pasrah siap kawin". Untuk Lama birahi adalah 24 – 40 jam, jadi bila kambing/domba terlihat sudah muncul ciri birahi di pagi hari, maka maka pada sore atau esok harinya sudah harus dikawinkan (karena itulah masa-masa subur), kalau telat ya harus nunggu lagi 17 s.d 21 hari mendatang. Tentunya dalam hal ini, sang Arjuna sudah harus selalu siap stanby ya sob.
  22. Yang lainnya nanti kami tambahkan di postingan ini atau pun bisa juga di suatu postingan terpisah jika pembahasannya harus detail.
Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.
Sumber foto

No comments:

Post a Comment