Thursday, October 8, 2015

Luas lahan rumput per ekor domba?

Berapakah luas lahan untuk menanam rumput untuk makan per satu ekor domba atau kambing?

Kami yakin itu adalah pertanyaan yang vital, yang sangat banyak ditanyakan oleh semuanya (termasuk kami pada mulanya sebelum memahami hal itu).
Maka dengan ini, kami pertegas lagi bahwa untuk beternak per satu ekor kambing/domba, maka kita butuh 10 bata (setara dengan luas lahan 143 m2), itu untuk menanam rumput. Lahan rumput tersebut bisa menyatu dengan kandang domba/kambing, atau bisa pula ditanam di tempat terpisah dari kandang kambing/domba.
Selanjutnya rumput tersebut digunakan untuk menunjang makan nya KADO (kambing dan atau domba) untuk jangka waktu selama per + 45 hari sekali.
Dengan demikian, maka para peternak dan atau para anak kandang (yaitu orang yang mengurus kandang peternakan domba), tidak akan lagi dipusingkan dengan acara mencari rumput ke luar / ke galengan pematang sawah atau ke tempat umum lainnya yang secara kenyataannya adalah sulit dan makin sulit untuk mendapatkan rumput segar di tempat lahan umum, apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini. Mengapa sulit? karena rumput-rumput tersebut banyak diserbu pula oleh banyak anak kandang lain sehingga pasokannya terus menerus menipis dan ironisnya karena rumput tersebut ada di alam bebas, maka tidak ada acara menyegaran atau pemupukan atau minimal menyiram rumput tersebut, anak kandang biasanya langsung saja pergi begitu saja tanpa memperdulikan dan mengusahakan agar bagaimana dua atau tiga minggu kedepannya dia bisa kembali lagi kesana dengan rumput yang berlimpah. Alhasil, bukan berlimpah yang diperoleh, tetapi rumput mengering, tanah tandus dan rumput gundul.
Maka sudah sepantasnya untuk beralih pola pikir ke bagaimana kita berusaha keras untuk mampu membeli tahan sendiri untuk lahan menanam rumput untuk ternak domba kita, bukan? - Memang diakui bahwa membeli tanah sendiri adalah hal yang bukan mudah, terutama untuk sobat peternak yang kebetulan pas-pasan dan tidak memiliki uang lebih untuk membeli tanah. Tapi yakinlah, dimana ada kemauan, pasti ada jalan keluar, ada uang untuk membelinya, yang datang dari hal yang tidak diduga. Maka teruslah bekerja dan berusaha keras serta di akhiri dengan berdo'a meminta kepada Allah SWT untuk di qobulkan hajat kita tersebut. Pasti Gusti Allah Maha Welas Asih kepada hamba-Nya yang sholeh dan sepenuh hati memohon kepada-Nya. (Mohon sebut "Amin" untuk kita semua).
Silahkan sobat ke postingan "Kita butuh 10 bata atau 143 meter persegi lahan gembalaan untuk per satu ekor domba" untuk mengetahui hal teknisnya.
Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Sumber foto dari sini.

2 comments: