Monday, October 12, 2015

Kelompok Peternak Kambing dan Domba Tasikmalaya

"Roda zaman menggilas kita, terseret tertatih-tatih..." Masih ingatkah sobat lirik lagu itu?, tentu masih ya, itu salah-satu lagu dari Ebiet G. Ade. Nah, kenyataan di lapangan memang seperti itu. Jika kita kaitkan dengan dunia peternakan, maka sekarang ini sudah saatnya terjadi pergeseran generasi peternak. yang tadinya peternak yang tidak mengenal dunia internet (karena memang dulu belum musimnya internet di kita dan juga dulu banyak peternak yang sama-sekali tidak mau mengenal internet sekalipun, dan hanya fokus mengurus kandang dan ngarit, lalu mnjual ke pasar domba) - sampai sekarang sudah zamannya serba online. Beli barang secara online, beli makanan online, beli domba juga bisa dengan online.

Jadi intinya, sekarang itu adalah zamannya transformasi dari peternak yang gaptek IT ke peternak yang melek IT (tentunya untuk peternak yang melek IT, tanpa mengenyampingkan fungsi-fungsi dan peran-peran utama sebagai seorang peternak, harus tetap rajin ngarit, rajin memandikan domba, rajin bersih-bersih kandang dan lain-lain - jangn kebanyakan duduk di depan komputer atau terlalu hobby mengurus update status ya - yang dengan itu malah membuat pekerjaan utama terbengkalai dan menjadi pemalas bekerja, jangan seperti itu kita). Artinya dengan sekarang zamannya serba online, maka sudah sepantasnyalah bagi setiap peternak untuk bisa sama-sama menggunakan fasilitas imternet online ini untuk tujuan lebih meningkatkan kualitas, mutu dan daya motivasi bagi suksesnya sistem peternakan domba yang sedang dijalaninya. Sobat tinggal atur saja waktunya, kapan kita online komunikasi dengan peternak lain, kapan kita harus bekerja di lapangan, dan untuk sementara media online di simpan dulu.

Fungsi media sosial atau lebih umumnya fungsi Internet, juga disebut-sebut sebagai pembawa gerbang ke lebih bagusnya kualitas cara beternak domba. Dengan bergabungnya seorang peternak yang berasal dari suatu daerah terpencil sekalipun ; ke suatu group khusus peternakan domba dan kambing, maka disana akan muncul dan terjalin diskusi interaktif antara peternak yang satu denga peternak yang lain. Saling memberi tips trik, motivasi dan juga tentunya itu sebagai ajang silaturahmi (walau masih bersifat online), tapi biasanya, suatu waktu, suka ada juga diadakan silaturahmi offline nya, dimana para peternak yang tadinya cuma kenal di group FB, menjadi bertatap muka satu dengan yang lain di suatu acara sillaturahmi offline para anggota group tersebut (di suatu tempat yang telah disepakati bersama untuk ketemuan seluruh anggota tersebut).

Nah, seru bukan jika sampai sejauh itu (ketemuan offline)? - Sudah pasti dalam pertemuan offline tersebut adalah dibahas bagaimana cara agar peternakan para peternak domba kambing tersebut menjadi semakin berkembang, lebih berkualitas, lebih menjadi memiliki kuantitas yang banyak untuk jumlah domba peliharaannya dan akhirnya mendatangkan hasil usaha yang optimal.

Maka sudah sepantasanya bagi peternak modern generasi muda sekarang untuk ikut serta gabung dengan komunitas peternak domba online tersebut. Baik group peternak secara ruang lingkung nasional, ataupun group peternak domba yang secara khusus meraka hanya merangkul peternak-peternak dari satu daerah saja.

Khusus bagi sobat peternak atau calon peternak kambing dan domba yang berada di Tasikmalaya, ini ada group facebook yang di khususkan untuk dijadikan tempat ngobrol atau dalam bahasa sunda disebut tempat "ngabako" secara online untuk para peternak atau para calon petenak kambing dan domba yang ada di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sobat peternak KaDo Tasik, bisa gabung ke group facebook tersebut untuk sama-sama menyatukan visi misi dan sama-sama berjuang agar segala hal tentang usaha peternakan domba dan kambing sobat menjadi lebih hebat dan lebih bermutu serta sukses besar di hari depan.

Langsung bergabung ke groupnya disini.

Semoga bisa meng-inspirasi semua kita.

Sumber Foto

No comments:

Post a Comment