Saturday, October 24, 2015

Bagusnya sih tulisan ini ada di peternakan domba

Sebenarnya postingan ini adalah pengembangan atau ter inspirasi dari postingan kami sebelumnya yaitu postingan dengan judul "Kumpulan hal-hal penting seputar mengelola atau menjalankan usaha peternakan domba dan kambing". Cuma sekarang kita lebih perdalam saja makna dan tujuannya.

Dalam rangka untuk lebih meningkatkan kualitas SDM Tim Anak Kandang dan juga semua orang yang terlibat dalam suatu usaha peternakan domba kita, maka menurut kami, tulisan-tulisan di bawah ini adalah pantas, layak dan penting untuk di pajang (di tempel) dengan huruf balok besar-besar di dinding-dinding / tempat strategis di area peternakan domba kita. Tujuannya agar selalu ingat terus akan pedoman wajib usaha peternakan domba atau kambing yang pada akhirnya diharapkan bisa menjadikan kualitas dan kuantitas peternakan domba kita menjadi lebih baik lagi, lebih hebat lagi dan lebih berhasil.

Tulisan-tulisan apa aja sih? Sebenarnya tulisan-tulisan ini adalah hal-hal yang sudah umum, biasa dan banyak kita jumpai di berbagai artikel pedoman budidaya beternak domba kambing di Internet pun sudah banyak dibahas / di tulis di banyak buku text panduan beternak domba yang biasa dan bisa kita temukan di toko buku umum, tetapi karena saking banyaknya sumber yang memberitakan hal demikian, maka terkadang kita sampai lupa mengingatnya dan akhirnya menganggap sepele dan biasa-biasa saja dan di anggap hal standar saja hal keilmuan di artikel-artikel tersebut. Padahal jika dikaji lebih dalam, maka didalam artikel pedoman budidaya ternak domba tersebut adalah mengandung beberapa point utama yang bisa kita jadikan rangkuman pedoman untuk bagaimana bagusnya menjalankan budidaya / peternakan domba atau kambing.

Baik, kita langsung ke rangkuman tulisan-tulisan penting itu. Nantinya bisa kita print-out setiap tulisan berikut, misalnya ke dalam kertas ukuran A4 atau sejenisnya, lalu tinggal tempel deh di tempat-tempat strategis di area kandang domba kita agar selalu menjadi peringatan bagi semua tim peternakan domba kita :
  1. Mau ngasih rumput ke domba? hitung dulu jumlah dombanya, lalu timbang rumput. harus + 5kg rumput untuk setiap ekor domba per hari.
  2. Supaya domba doyan minum, campur garam aja ke minumannya, sebanyak + 0.5 kg per 4 liter air minum nya. Takaran tersebut untuk per satu ekor domba per hari nya, jadi hitung aja ada berapa domba di peternakan kita.
  3. Jum'at bersih. saatnya memandikan domba-domba kita yuk!, agar segar dan selalu sehat. Lalu gembalakan (sekalian sport domba) sambil di jemur biar ngak kedinginan.
  4. Apakah ada domba kita yang rampus banget makannya, tapi badannya tetap kurus?, Hati-hati, itu tanda kena cacingan. Rutinlah ngasih obat cacingan sebulan sekali ke semua domba kita, gan!.
  5. Mau punya domba-domba yang ngak mudah kena penyakit? pertama-tama kandangnya harus di jaga selalu bersih dulu. Sapu bersih tiap pagi dan sore ya, itu wajib!
  6. Jangan lupa untuk mencukur bulu domba tiap 6 (enam) bulan sekali atau ketika sudah terlihat gondrong ; agar kutu domba ngak betah.
  7. Kalau kuku domba sudah terlihat panjang, harus di potong!. Itu bahaya bisa mengganggu telapak kaki domba saat berjalan.
  8. Luas lahan rumput untuk makan per se ekor domba adalah 10 bata atau 143 m2. Itu untuk sistem rolling dua tempat, selang waktu 45 hari sekali rollingnya. Dengan jenis rumput utama adalah Alfalfa dan Rumput Gajah Odot.
  9. Agar sehat, domba juga butuh sinar matahari pagi, lho?, maka pastikan bagian depan (tempat nyimpan pakan / rumput untuk domba) adalah menghadap ke arah timur atau ke sinar matahari pagi langsung (tidak boleh ada penghalang). Catatan: tempat minum adanya di belakang domba ya, tidak disatukan dekat wadah pakan rumput.
  10. Mulai kawinkan domba betina kalau sudah berumur satu tahun lebih.
  11. Lama masa kehamilan domba adalah 5 bulan.
  12. Mulai kawinkan lagi domba / kambing betina kita setelah satu bulan sejak melahirkan anak
  13. Mudah-mudahan, domba kita bisa melahirkan anak kembar sebanyak 3 (tiga) kali dalam selang waktu 2 (dua) tahun sekali.
  14. Tahukah kamu, kalau ngurusnya bagus, domba itu bisa melahirkan anak kembar setiap 7 (tujuh) bulan sekali. lho!
  15. Jangan lupa, untuk men-sapih (memisah) anak domba dari induknya, kalau anak domba sudah berumur 3 s/d 4 bulan ya!
  16. Masa subur domba betina itu akan datang setiap 17 s/d 21 hari sekali setiap bulannya. Belajarlah untuk mengetahui ciri-ciri subur domba betina, yaitu dia kelihatan gelisah, sering ngembee, nafsu makan berkurang, kalau di dekatkan ke jantan, suka diem "bersikap pasrah siap kawin".
  17. Lama waktu masa subur domba adalah 24 s/d 40 jam. Jadi dalam waktu singkat itu, cepatlah kawinkan domba betina tersebut agar kita cepat punya domba generasi baru lagi.
  18. Ukuran kandang domba yang ideal itu adalah 1.5 x 1.5 meter (untuk per se ekor domba). Keterangan: Ukuran itu cocok untuk usaha pembibitan, jadi di kandang ukuran 1.5 x 1.5 m tersebut bisa menampung indukan kambing sama anaknya dua ekor sampai lepas sapih (3 s/d 4 bulan). dan juga ukuran segitu bisa diterapkan untuk kandang pejantan pula.
Itu dulu ya sobat. Kalau ada tambahan pengetahuan penting lagi tentang domba, Insya Allah (mudah-mudahan Allah SWT mengingatkan kami), akan di posting / di tambahkan ke dalam postingan ini agar menjadi satu kesatuan informasi yang lengkap nantinya. Amin.

Sebagai tambahan, berikut ini kami rangkum kata-kata motivasi yang semoga akan menjadi penyemangat kita semua dalam hal usaha peternakan domba dan kambing. Sobat bisa print dan lalu menempelkannya di tempat yang strategis di area peternakan sobat:
  1. Mereka yang Berusaha, Tidak Akan Kalah
  2. Mereka yang Berani, Tidak Akan Kalah
  3. Fokus lebih penting daripada Kecerdasan
  4. Apapun latar belakang pendidikan kita, dua kata kuci agar kita mahir di bidang apapun: "Belajar & Ulangi". Jika kita konsisten menjalaninya, maka peluang sukses pasti terbuka (Andri Wongso)
  5. domba.ID - Jujur & Rajin (sobat tinggal ganti saja kata domba.ID nya sesuai nama peternakan sobat).
Jangan lupa, kalau sobat berkenan, tolong ya, bantu bagikan postingan ini ke teman-teman sobat yang lain. Mudah-mudahan ada manfaatnya dan menjadi berkah ke semua kita. Amin.

Sumber foto diambil dari sini.

No comments:

Post a Comment