Saturday, October 17, 2015

Ketika Generasi Muda Islam gengsi beternak domba dan kambing

Sungguh akan tidak sesuai dengan anjuran Rasulullah Shollallohu 'alaihi wasallam, jika didapatkan banyak pemuda dan pemudi atau generasi muda dari Islam yang secara terang-terangan pun tidak, merasa gengsi dan tidak mau beternak domba dan kambing. Mereka banyak memilih pekerjaan yang tidak kotor-kotoran, bekerja di pabrik-pabrik perusahaan ternama, perbankan dan lain sebagainya. Apakah itu salah, tentu tidak. Tidak ada yang salah dalam memilih pekerjaan karena semua itu adalah jelas hak asasi seseorang dalam hal bagaimana memperjuangan kehidupan yang lebih baik untuknya masing-masing. Tetapi jika kita kaitkan dengan rekomendasi jenis pekerjaan yang di anjurkan Rasulullah SAW, maka ini sangat disayangkan, karena Nabi Muhammad SAW dengan sangat jelas merekomendasikan pekerjaan peternakan domba / kambing sebagai pekerjaan terbaik seorang Muslim. Sebagaimana hadits shahih berikut ini:

Dari Abu Said berkata : Rasulullah SAW bersabda :
"Akan tiba masanya ketika harta muslim yang terbaik adalah domba yang digembala di puncak gunung dan tempat jatuhnya hujan. Dengan membawa agamanya dia lari dari beberapa fitnah (kemungkaran atau peperangan sesama muslim)".
(H.R. Bukhari)

Dan, bukankah pekerjaan beternak domba dan kambing adalah pekerjaan para Nabi dan Rasul Alloh SWT ?

Dari Abu Hurairah R.A. dari Nabi SAW, dia bersabda :
Setiap Nabi yang diutus oleh Allah adalah menggembala kambing. Sahabat-sahabat beliau bertanya : Begitu juga engkau ? ; Rasulullah bersabda : Ya, aku menggembalanya dengan upah beberapa qirath penduduk Mekah.
(H.R. Bukhari)

Maka bagi sobat yang Islam, sudah seharusnya mengikuti jejak terdahulu para Nabi dan Rasul tersebut. Karena yakin bahwa di dalam hakikat beternak domba adalah ada sesuatu hal yang sangat luar biasa hebatnya (manfaatnya), tetapi sayang sekali bahwa sampai dengan sekarang ini, memang sih belum ada suautu penemuan atau berita besar dari para ilmuwan tentang kehebatan domba / kambing ini, tetapi suatu saat, itu yakin akan terungkap. Dan di saat itulah, akan banyak orang Islam menjadi tersadar.

Coba sobat tengok kembali ke hal-hal lain yang di beritakan Rasulullah, dan ternyata semua dari berita (hadits) Rasul itu terbukti benar adanya menurut ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Sudah banyak contoh-contoh hal yang bermakna baik ; yang awalnya sudah di kabarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan ternyata terbukti bahwa hal tersebut sesuai dengan ilmu pengetahuan modern. Dan ironisnya, justru yang menemukan dan membuktiian ke-Agungan dan ke-Besaran Islam adalah dari luar sana yang notabene orang yang di luar Islam.

Sehingga, jangan sampai sobat keduluan dalam hal menikmati indahnya usaha ternak domba oleh orang di luar sana, pandailah bercermin dari serangkaian kejadian yang telah lalu yang secara terbukti membuktikan bahwa segala yang di informasikan Rasulullah SAW adalah benar dan merupakan berita besar dan hebat. Mari mulai dari sekarang dari yang terkecil yang yang mampu kita, lama-lama juga akan besar. Dan yakinkan bahwa setiap kabar yang dibawa atau yang datang dari Rosulullah, baik bersumber dari Al-Qur'an pun Hadits shahih adalah akan membawa berkah dan juga memiliki / mengandung beribu kebaikan nantinya, cuma sayang, pengetahuan kita saja yang memang belum bisa sampai mengetahui secara jelas dan secara bukti ilmiah tentang apa kehebatan besar yang selama ini masih tersembunyi di hal peternakan domba dan kambing. Yakin suatu saat kedepan, rahasia itu pasti terbongkar, entah itu terbongkar oleh orang Islam ataupun terbongkar oleh orang yang bukan Islam di luar sana yang memang secara terus menerus dan pantang menyerah terus menggali dan menggali segala macam yang tersurat dan tersirat yang diberitakan Nabi Allah lewat perantaraan Hadits nabi pun berita dari kalam Illahi (Al-Qur'an).

Semoga tulisan ini bisa meng inspirasi dan menjadi dorongan spriritual khususnya kepada kita sebagai generasi muda Islam untuk tidak malu atau tidak gengsi untuk langsung terjun ke lapangan menjadi peternak domba / kambing modern yang Islami tentunya. Amin.

Sumber foto

No comments:

Post a Comment