Thursday, October 15, 2015

Beternak domba di atas atap rumah, mantap!

Memelihara atau beternak domba dan kambing di atas atap rumah, apakah mungkin?

Misalnya, karena memang seseorang sobat kita yang ingin sekali mengurus / beternak domba tapi tidak punya lahan, lalu dia bermaksud merealisasikan idenya tersebut dengan beternak domba di atas atap. Nah apakah itu mungkin?
Sebagai jawaban bijaknya, maka ya, itu adalah sangat mungkin bisa dilakukan. Tapi ada tapinya, yaitu struktur atap rumahnya harus kokoh, artinya atap dengan beton semen lah yang memang lebih mungkin bisa diselenggarakannya beternak domba di atas atap tersebut, jadi tidak sembarang atap, harus beton coran yang bagus pengerjaan coran dan kualitasnya karena akan memikul beban cukup berat dari beberapa atau banyak domba di atasnya nanti.
Dan lalu, segala macam kotoran dan urine domba/kambing jangan sampai mencemari lingkungan sekitar, artinya seluruh pinggir atap beton harus terbebas dari bocor, nantinya limbah domba harus di salurkan ke suatu pralon besar khusus pembuangan limbah, tapi jangan sampai limbah kotoran domba ikut di buang lewat pralon tersebut, nanti malah mampet. ya di amankan saja pakai wadah khusus dulu, baru yang kecil-kecil atau yang berupa cair saja yang disalurkan melalui pralon pembuangan limbah tersebut.
Dan yang harus di jaga / diperhatikan calon peternak tersebut adalah bagaimana agar kotoran dan urine domba seoptimal mungkin adalah tidak menimbulkan bau yang keterlaluan yang menyengat dan menimbulkan polusi udara di sekitarnya menjadi ngak enak?
Nah, para peternak jaman sekarang sudah sepakat bahwa cara meminimalisir bau kotoran dan urine domba adalah dengan selalu memberikan pakan hasil fermentasi dan juga minumannya harus di campur EM4 khusus peternakan (ini hanya misal saja ya sobat, terserah nantinya mau merk apa, kami memakai sample EM4 disini cuma contoh saja). Dengan pakan fermentasi dan juga minuman yang telah dicampur EM4 khusus peternakan, maka di harapkan itu akan mengurangi bau kotoran dan urine domba / kambing punya sobat. Untuk bagaimana cara membuat pakan fermentasi, sudah di posting disini.
Jadi walaupun ide beternak domba di atas atap ini adalah terdengar konyol dan "nyeleneh", tapi jangan kaget, bila dalam beberapa tahun kedepan, justru ini bisa saja akan menjadi trend beternak domba yang baru. Kita bisa bercermin pada bagaimana bercocok tanam padi yang memang sudah ada dilakukan di atas atap rumah, seperti yang diberitakan situs ini. Lalu ada juga sobat lain misalnya ini atau di youtube nya (punyanya detuka farma, video diupload oleh Pak Doddy Domba). walau itu tempat hanya baru dijadikan tempat "ngadem" sementara bagi domba dan itu tempat adalah memang bukan tempat yang di tingkat ke lantai atas, tapi setidaknya jika dikembangkan tentunya akan berkembang fungsi menjadi benar-benar sebagai tempat untuk pengembangbiakan ternak domba di atas atap rumah, bukan?. Jadi itu tinggal bagaimana mengkondisikannya dan memodifikasi lebih jauh untuk tempatnya tersebut.
Tapi tetap saja, walaupun ternyata trend beternak domba di atas atap rumah sudah ada, tapi tetap saja urusan makan domba penyediaannya adalah dari lahan hijauan yang ditanam di area terpisah di bawah sana, dan tinggal di angkut saja ke atas makanan rumputnya.
Lalu apa motif atau alasan utama yang disinyalir bisa saja akan menjadi alasan kenapa nanti berpeluang ada trend beternak domba di atas atap rumah beton?
Hal-hal yang bisa menjadi pemicu mengapa calon peternak domba menjadi memilih beternak di atas atap beton rumahnya adalah:
  1.  Yang pertama dan terutama adalah faktor keamanan. dengan semakin merajalelanya maling / pencuri ternak domba, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa sebagian peternak yang memiliki ide lebih dan punya uang lebih, akan memutuskan untuk menyimpan atau memelihara ternaknya di atas atap rumah mereka. dengan demikian pengawasan dan kontrol akan menjadi semakin lebih mudah dan murah.
  2. Lahan / tanah semakin sulit di dapat, kalaupun ada, harganya selangit. Itu juga akan menjadi faktor kemungkinan akan lahirnya trend beternak domba di atap rumah beton. Mulainya kapan, tentunya kita tidak bisa memprediksinya ya, tapi arah kesana tetap akan ada dan terus mendekat dan menjadi real.
  3. Semakim banyaknya orang kaya yang punya uang banyak ingin menjadikan atap rumahnya sebagai media refreshing unik, dan pilihan jatuh ke hewan ternak domba. Itu bisa saja akan membantu berkembangnya trend beternak di atas rumah beton tersebut.
  4. dan lain sebagainya.
Selamat ber explorasi dalam hal pengembangan usaha beternak domba dan kambing semuanya.
Sumber foto

No comments:

Post a Comment