Sunday, January 3, 2016

Tips agar ngak kekurangan pakan ketika musim susah rumput tiba

Rumput Gajah Super (Rumput Odot)
Rumput Gajah Super (Rumput Odot)
Kebanyakan peternak kambing dan domba banyak yang kebingungan dalam urusan mencari rumput segar ketika atau saat musim kemarau panjang tiba, biasa kita menyebutnya musim "paceklik".

Terang saja peternak bingung, karena dimana-mana rumput susah dicari, kalaupun ada, sangat sedikit jumlahnya dan tentunya sangat kurang untuk makan ternak domba atau kambing mereka.


Nah, sebenarnya, ada cara bijaksana yang bisa ditempuh untuk mengatasi kesusahan mencari rumput segar di musim "paceklik" tersebut, yaitu dengan menyetok rumput sebanyak mungkin di waktu musim subur sebelumnya.

Caranya adalah dengan menggunakan sistem pengelolaan pakan secara fermentasi. Saya pernah membahasnya di suatu postingan khusus tentang fermentasi yaitu postingan "Inilah manfaat pakan hijauan dan pakan konsentrat yang sudah sukses di fermentasi".

Dari beberapa sumber bacaan yang sempat saya baca di internet, banyak yang menyebutkan bahwa pakan hijauan yang telah berhasil di-fermentasi, maka si pakan tersebut bisa kuat / tahan sampai maksimal 8 (delapan) bulan. Wow, lumayan khan tuh sobat?, tinggal bagaimana kita melaksanakan si proses fermentasi tersebut, lalu menyimpan pakan hasil fermentasi di suatu tempat khusus yang aman dan nyaman. lalu tinggal ambil deh, sedikit-sedikit sesuai keperluan.

Memang pada mulanya akan terasa sedikit ribet karena kita terbiasa memberikan pakan hijauan secara langsung ke ternak, tapi di balik ribet tesebut ternyata mengandung kehebatan yang luar biasa yang bisa kita rasakan untuk jangka panjang karena banyak banget manfaat dari pakan yang telah sukses di-fermentasi.

Cek saja postingan "Inilah manfaat pakan hijauan dan pakan konsentrat yang sudah sukses di fermentasi" untuk mengetahui detailnya bagaimana cara mem-fermentasi pakan hijauan kita dan apa aja sih manfaatnya kalau pakan hijauan kita di-fermentasi dulu?

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber foto.

No comments:

Post a Comment