Saturday, January 9, 2016

Alfalfa (Medicago sativa L.) - Rumput hijauan terbaik

Ayo sobat, kita mengenal lebih dekat ke apa itu Tanaman Alfalfa dan Kiprahnya dalam Suksesnya Usaha Peternakan kambing dan domba.




Kita langsung ke point-pointnya ya, karena kalau bahasan panjangnya tuh sudah banyak sekali di googling juga. :)

Ini rangkuman nya:

1. Tanaman Alfalfa adalah berasal dari Timur Tengah, lalu berkembang ke Eropa, dan selanjutnya ke Amerika.

2. Dalam Bahasa Arab, tanaman ini disebut sebagai "Bapak dari semua makanan".

3. Alfalfa mengandung protein yang sangat besar, yaitu sebesar 48.70%. Makanya Alfalfa disebut-sebut sebagai pakan hijauan terbaik untuk kambing dan domba.

4. Kebutuhan alfalfa untuk seekor kambing atau domba adalah sebanyak 0.5 kg/hari. (bisa diberikan dalam bentuk sudah jadi tepung daun alfalfa atau kita kasihkan daun Alfalfa nya langsung dalam kondisi segar / atau lebih bagus lagi daun Alfalfa yang sudah difermentasi).

5. Tanaman alfalfa adalah mampu membuat tanah jadi lebih subur.

6. Tanaman alfalfa dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan suhu yang lebih tinggi, serta akan menghasilkan hijauan yang optimal pada musim kemarau. Jadi Alfalfa kurang bagus kalau di tanam di tanah yang becek banyak air.

7. Tanaman ini mampu menahan erosi tanah dan tetap hijau sepanjang tahun, baik di musim hujan maupun musim kemarau.

8. Semakin banyak cahaya matahari yang diperoleh oleh tanaman ini, maka semakin baik perkembangannya (daunnya tambah mantep hijau klorofil nya).

9. Ketika menanam benih alfalfa, maka setiap lubang diberi 3 biji saja dengan jarak tanam antar lubang adalah 10 cm saja.

10. PH tanah harus di usahakan ada di sekitar angka 6.7 sampai dengan 6.9. (Beli saja alat pengukur PH tanah di toko pertanian).

11. Hilangkan semua tanaman gulma pengganggu!

12. Mulai panen Alfalfa adalah sejak usia 2 bulan dari semenjak ditanam. Selanjutnya tiap bulan juga sudah bisa di panen terus (daun dan batang-nya).

13. Waktu panen terbaik Alfalfa adalah saat si alfalfa sudah berbunga (sekitar 10% nya).

14. Masa produktif tanaman alfalfa adalah 3 s/d 5 tahun. Lewat dari 5 tahun, tanaman ini akan mati. (harus beli lagi benih nya ke toko tanaman).
Oh ya, bagi sobat-sobat lain yang berjualan alfalfa, sangat diperbolehkan untuk mempromosikan jualan alfalfa-nya di komentar di bawah ini ya.
Selamat Berjualan Alfalfa.

No comments:

Post a Comment