Tuesday, January 19, 2016

Manfaat utama benteng tembok di peternakan domba

Benteng tembok di peternakan domba dan kambing
Benteng tembok di peternakan domba dan kambing
Jadi bagusnya batas-batas area peternakan kambing dan domba tersebut, kita bentengin dengan tembok kuat, misalnya setinggi 2 (dua) meter.

Ada banyak fungsi dan atau manfaat yang bisa kita dapat jika area peternakan kambing / domba kita sudah dikasih benteng tembok, yaitu:


1. Perlindungan pertama untuk kambing / domba dari bahaya ular masuk kandang.

Dengan di kasih benteng tembok 2 meter, maka itu artinya kita sudah berusaha meminimalisir bahaya gangguan ular yang kemungkinan bisa masuk ke area kandang bahkan bisa membahayakan keberadaan ternak kita jika sang ular sudah kelaparan banget, bisa-bisa domba kita pun menjadi incarannya (itu misalnya bila ularnya lumayan besar).

Dan tidak hanya untuk mencegah dari ular saja, tapi tikus pun akan bisa di minimalisir keberadaannya jika kita punya benteng tembok.

2. Agar udara dalam kandang tidak banyak tercemari oleh udara di luar kandang yang bisa saja membawa penyakit.

Suka perhatikan tidak sob, kalau kita masuk ke suatu peternakan yang hebat, kita kita di strealisasikan dulu, di cek dulu, kalau-kalau kita malah bawa bibit penyakit yang bisa nular ke ternak.

Nah, dengan adanya isolasi benteng tembok 2 meter, mudah-mudahan bisa meminimalisir penyebaran virus penyakit kepada ternak domba/kambing - dimana virus tersebut datang dari lingkungan luar (misalnya ada orang lain yang lewat dan kebetulan mengidap penyakit berbahaya tersebut, lalu terbawa angin dan menular ke ternak kita.

3. Sebuah benteng tembok yang tinggi adalah juga berfungsi untuk meminimalisir terjadinya stress pada domba/kambing karena misalnya si domba mendapatkan terlalu banyak suara dan kebisingan dari hilir mudik manusia. Maka dengan di sekat / di pisah dengan beteng tembok, hal itu bisa di atasi.

4. Benteng tembok juga berfungsi agar masyarakat sekitar tidak terlalu merasa terganggu dengan segala kegiatan dalam area kandang, karena mereka tidak bisa melihatnya secara langsung (terhalang tembok). Sehingga hubungan dengan masyarakat sekitar bisa tambah baik.

5. Benteng juga sebagai batas tanah kita tentunya. Jadi kalau sudah di benteng, maka sampai kapanpun luas tanah kita akan segitu terus. beda dengan tidak dibenteng yang kadang suka berubah batas tanah, baik berubahnya karena alami, lupa batas atau ada oknum2 tertentu yang merubah-rubah batas (saking mudahnya barang / benda yang di buat pembatas tanah tersebut).

6. Benteng tembok juga bisa berfungsi sebagai pembatas yang hebat ketika domba / kambing kita di gembalakan.

Demikian enam manfaat besar yang bisa dirasakan langsung ketika area peternakan domba dan kambing adalah memakai sistem benteng tembok setinggi 2 meter di batas-batas tanah nya.

Sumber foto.

No comments:

Post a Comment