Friday, September 18, 2015

Update terbaru untuk Harga Susu Kambing Etawa per Liter di Indonesia

Kami disini mencoba untuk memperbandingkannya dengan harga susu kambing jamnapari yang ada di situs jamnapari.com. Dimana, saat artikel ini ditulis sekarang, yaitu pada hari Jum'at, tanggal 18 September 2015, harga susu kambing jamnapari adalah RM 23 untuk 1 Liter. Jika kita konversikan ke rupiah menggunakan fasilitas konversi di situs fx-rate.net, maka akan didapat nilai Rp. 78.530,- untuk per liter susu kambing Jamnapari.

Oleh karena kambing etawa adalah sama-sama keturunan dari kambing jamnapari, maka akan sangat logis (masuk akal) untuk harga susu kambing etawa adalah setara dengan itu. Selanjutnya, tugas seluruh peternak kambing etawa Indonesia adalah bagaimana untuk membuat kesepakatan bersama di suatu Asosiasi Peternak Kambing Etawa Indonesia (APKEI) untuk menetapkan nilai harga jual susu kambing etawa agar standar dan tidak tertinggal jauh dengan yang lain di luar sana.

Memang ini bukan urusan kecil dan mudah, tapi yakin akan ada jalan sukses ke arah sana bila semua peternak susu kambing etawa Indonesia memperjuangkan standar harga tersebut. Jadi Intinya bagaimana agar peternak etawa tidak merasa dirugikan dan bagaimana agar konsumen tetap merasa puas dengan manfaat mengkonsumsi susu kambing etawa dan bagaimana agar konsumen memahami harga standar tersebut. Bukan berarti kita mengikuti tarif yang ada di jamnapari.com, tetapi ini adalah semata-mata untuk bahan pertimbangan dan perbandingan bahwa di luar sana, haga susu kambing sekelas kambing etawa tersebut adalah demikian adanya.

Maka dengan data diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa :

Update harga susu kambing etawa per liter (last update : 18 September 2015) adalah Rp. 78.530,-.

Demikian semoga meng-inspirasi kita semua.

No comments:

Post a Comment