Saturday, September 5, 2015

Contoh desain kandang domba dan kambing dengan sistem umbar plus dikandangkan

Oleh karena ini penting untuk sama-sama kita fahami, maka kami ulas tentang bagaimana desain kandang domba yang mengusung tema sistem kadang umbaran dan sekaligus juga terdapat sistem kandang "dikandangkan" di dalam area sistem kandang umbaran tersebut. Jadi dalam satu tempat / dalam satu area, ada dua gabungan sistem kandang di umbar dan di kandangkan.

Anda bisa memperhatikan foto kandang domba di atas. Itu kami dapat dari situs http://hrl-int.co.id - foto tersebut kami jadikan contoh peternakan domba yang sudah real menerapkan metode sistem kandang gabungan ini.

Tentunya akan ada banyak manfaat yang didapat dari pemilihan sistem kandang gabungan ini, yang disebut-sebut sebagai "sistem kandang domba modern". Beberapa manfaat yang didapat tersebut adalah :

  1. Kesehatan hewan ternak (domba) akan menjadi semakin meningkat / semakin baik, karena domba dengan bebasnya akan berkeliaran di area umbaran. Dengan begitu akan membuat domba nyaman, fresh, segar, tidak tertekan, tambah sehat jasmani dan psikis domba-domba tersebut ; karena jalan-jalan terus dan tidak stress karena diam terus di kandang yang sempit.
  2. Juga, area kandang dengan sistem modern tersebut bisa kita jadikan area refreshing keluarga, apalagi jika letak kandangnya ada di perbukitan atau pegunungan yang masih asri, rindang dan masih "perawan" alam-nya.
  3. Dengan memilih sistem kandang modern, maka "image" peternakan domba kita-pun akan menjadi semakin baik dimata calon pelanggan / calon konsumen pembeli domba. Karena mereka menjadi lebih percaya kepada bagaimana kiprah beternak domba kita yang ternyata jelas terlihat serius dan lebih professional dalam mengelola usaha ternak domba. Dengan kata lain - itu secara tidak langsung akan menambah kepercayaan pembeli / pelanggan kita kepada keberadaan peternakan kita.
  4. Dll. sebenarnya masih banyak manfaatnya, anda sendiri lah yang nanti kedepan akan faham, kami coba ambil hanya tiga manfaat dasar nya saja seperti di atas.

Nah, sekarang, sebenarnya apa saja sih fasilitas-fasilitas yang layak, yang semestinya ada disediakan di suatu sistem kadang modern seperti contoh foto di atas?

Baik, akan kami coba merangkum apa-apa yang kami mampu pikirkan tentang hal itu. Tentunya untuk bisa memenuhi sebutan bahwa kandang kita sudah mengusung sistem kandang domba modern yaitu kandang domba model umbar plus di dalamnya ada kandang domba model "di kandangkan", tentu setidaknya harus memiliki syarat-syarat umum dan sekaligus syarat khusus, diantaranya :

  1. Kandang modern ini harus di kelilingi oleh pagar besi (pagar tralis) seperti tampilan contoh foto di atas, atau bisa juga di benteng bata-semen beton sekaligus dengan ketinggian misalnya 2 meter. Itu sih tergantung situasi dan kondisi di lapangan. Anda sesuaikan saja, pilih salah-satunya (tentunya akan melibatkan bagaimana sistem kondisi keamanan / gangguan di daerah setempat).
  2. Luas kandang umbaran sebaiknya harus cukup luas, minimal misalnya 30 bata untuk ukuran ternak domba sampai dengan 3 ekor domba (itu bagusnya). Tetapi dalam praktiknya, itu murni kembali ke masing-masing kita. Bisa saja 30 bata itu untuk 50 domba bahkan lebih misal sampai dengan 100 domba. tetapi jelas itu tidak memenuhi standar sistem gembala / umbaran terpadu. Maksudnya, jika dalam lahan luas 30 bata, anda mengelola sampai dengan 50 s/d 100 domba, maka itu artinya anda harus "ngarit" mengambil rumput dari luar (jadi berbeda dengan 30 bata hanya untuk 3 domba, itu sih jelas sistem ternak terpadu intern yang tidak perlu ngarit ke luar karena rumput sudah mampu ter supply di tempat itu juga). Jadi dalam hal itu - silahkan balik lagi ke bagaimana anda mau nya sebagai pemilik peternakan.
  3. Kandang modern juga harus terdapat sistem "dikandangkan". Itu untuk tempat berteduhnya domba dari terlalu panas dari terik matahari atau dari hujan lebat. anda bisa melihat contoh foto kandang di atas. Di contoh area kandang adalah "dipanggungkan" agar area bawah panggung masih tetap bermanfaat dengan ditanam rumput untuk makan domba ketika di umbar kan. Jangan lupa juga untuk membuat tempat khusus bagi domba kita yang sedang hamil (harus di pisahkan jangan di gabung, untuk menghindari takutnya terjadi perkelahian dengan domba lain).
  4. (meneruskan poin kedua diatas), maka di dalam kandang modern sistem umbar + dikandangkan juga harus terdapat area rumput hijau yang bagusnya anda punya dua tempat area rumput hijauan (misalnya : area A dan area B). jadi nantinya anda rolling saja. jika rumput di area A sudah menipis dan gundul karena seringnya dimakan domba tiap hari, maka domba siap-siap kita pindahkan ke area B yang rumputnya sudah bagus tumbuh karena memang dirapat dan sudah dipersiapkan oleh kita sebagai pengganti area A dan begitu seterusnya kesana-kemari (rolling), maka area umbar harus di sekat di bagi dua tentunya. Kita harus pintar mengolah lahan rumput agar senantiasa cepat jadi lagi untuk lahan umbar rolling periode selanjutnya.
  5. Kandang modern juga harus selalu terdapat stok pakan (terutama jika makan nya ternak kita adalah dari luar, bukan sistem makan domba sendiri dari rumput di tempat misalnya seperti yang kami ulas di contoh di atas : 30 bata untuk setiap 3 domba.
  6. Harus selalu ada air minum untuk domba. Di gelar terus air minum nya dalam suatu sistem wadah air yang mudah untuk dijangkau oleh domba. Tapi sayang sekali, kami tidak melihat dimana letak wadah air minum untuk foto di atas. mungkin karena kebetulan tidak ter sorot kamera saja.
  7. Ada tempat khusus memandikan domba, agar domba terlihat sehat selalu.
  8. Ada tempat khusus karantina domba yang terpisah dari area kandang (untuk memisahkan sementara domba yang sedang sakit)
  9. Sebaiknya ada tempat khusus jaga pegawai. dan bagusnya lagi bangunan tempat jaga pegawai agak menjulang ke atas (bangunan tingkat). fungsinya untuk bisa memantau dengan lebih leluasa keadaan sekitar kandang peternakan domba.
  10. Jika punya modal lebih, jangan abaikan manfaat / kehebatan CCTV ya. :) . Pasanglah beberapa CCTV di tempat-tempat yang di pandang strategis, lalu seluruh CCTV terhubung langsung dengan ruang jaga pegawai.
  11. Jika punya lebih dana, maka sebaiknya ruang jaga harus memiliki sistem kaget maling, yang dapat mengagetkan pencuri ketika benar-benar ada pencuri yang nekat menerobos pertahanan benteng, bisa saja pegawai memiliki suatu alarm khusus keras, dimana pegawai tinggal menekan satu tombol alarm tersebut, sehingga warga sekitar segera mengetahui dan lalu memberi pertolongan dengan cepat karena mengetahui bawah di peternakan anda sedang tejadi hal yang tidak beres.
  12. Dll. sebenarnya tidak hanya 11 poin saja, kami yakin masih banyak poin lainnya, tapi untuk saat ini, itulah yang kami faham dan kami ingat item-item nya. bisa saja akan kami tambahkan poin-poin lain di postingan ini dalam waktu kedepan (ketika suatu idea tambahan muncul di kami).

Sukses untuk kita semua. Semoga dimudahkan dalam mewujudkan semua harapan dan cita-cita mulia menuju sistem kandang modern sebagaimana maksud tulisan postingan kami ini, Amin.

Salam domba!

No comments:

Post a Comment