Wednesday, March 2, 2016

Area peternakan domba dan kambing yang baik

Ketika sobat akan terjun di dunia per kambing an dan per domba an, maka ada sebaiknya menyimak ulasan ringan ini.

Yang akan di bahas sekarang adalah Bagaimana tanda-tanda atau ciri-ciri suatu area peternakan domba dan kambing yang baik itu?

Kita coba sama-sama belajar mengurai benang kusut nya ya, sekarang.

Jadi pada intinya suatu area peternakan domba dan kambing yang baik itu adalah harus memiliki beberapa fasilitas utama sebagai berikut:

1. Area bermain untuk domba atau kambing

Tidak harus terlalu luas sob, ya secukupnya saja dan disesuaikan dengan modal yang tersedia, misalnya kita anggarkan untuk per ekor domba/kambing adalah dengan menyediakan luas lahan 2 meter persegi (tapi lebih kecil juga tidak apa-apa, tapi bagusnya ya 2 m2. Ya sesuaikan saja dengan kemampuan).

Dengan disediakannya area bermain domba / kambing, maka domba-domba kita akan sangat sehat dan gembira karena mereka merasa bebas dapat bermain di alam nyata nya yaitu di atas rumput hijau (itu akan sangat berbeda jauh dengan domba/kambing yang selamanya di simpan di kandang yang sempit se-ukuran badan nya), itu akan berpengaruh dengan perilaku hewan peliharaan kita.

Ingat, kambing juga punya naluri ingin nyaman dan sesuai dengan fitrah nya sob, yaitu ingin merumput di area yang menurut meraka, mereka merasa bebas! - Tapi bukan berarti kambing kita selamanya ada di atas rumput, ya kalau cuaca hujan dan malam hari, masukkan ke kandang. tapi kalau siang hari yang cerah, biarkan mereka merumput sesuai fitrah nya.

Dan perhatikan pula bahwa Area bermain tersebut harus di sekat menjadi dua bagian, maksudnya agar jika satu bagian rumputnya sudah gundul, maka kita alihkan ruangan bermain nya ke satu bagian lainnya yang rumputnya sudah tumbuh lagi dengan bagus dan siap untuk di santap kambing-kambing kita.

Sedangkan bagian yang sudah gundul tadi, maka kita suburkan kembali agar ber rumput lagi sampai lebat. Jadinya di rolling saja sob. Di dua tempat itu.

2. Sediakan selokan air mengalir yang melewati area bermain domba / kambing tersebut Juga harus melewati kandang.

Itu buat air buat minum nya kambing dan domba kita.

Jadi beranilah ber-investasi dengan membuat suatu selokan buatan (bagusnya terbuat dari bak semen ukuran kecil saja - ukuran selokan gitu deh).

Jadi selokan tersebut nantinya bentuknya muter dan airnya bermuara dalam suatu wadah atau suatu bak semen. Nah dari wadah atau bak semen tersebut lah di alirkan air dengan menggunakan pompa aquarium.

Jadi, si air mulai di tarik oleh pompa aquarium, lalu mengalir ke sepanjang selokan dan lalu ujung selokan balik lagi ke tempat asal air tersebut untuk di tarik lagi oleh pompa, begitu seterusnya.

Ingat, bahwa air dalam bak tersebut sebaiknya di ganti setiap pagi hari sob, lalu kita campur dengan EM4 Peternakan.

3. Sediakan ruang khusus untuk menyimpan Rumput

Itu sangat penting, karena rumput adalah kebutuhan pokok bagi kambing dan domba kita. Maka buatlah bak semen besar atau secukupnya dalam suatu ruangan khusus. Itu bak buat menyimpan stok sumput kita.

Lah emang nya rumput yang sudah di arit bisa buat di stok?

Bisa, coba sobat lihat pembahasannya di "Caranya agar rumput hasil ngarit bisa tahan berbulan-bulan"

4. Buatlah suatu lahan khusus (kecil saja - tidak perlu luas-luas) buat tempat khusus memandikan domba dan kambing kita).

Biasanya terbuat dari pipa besi yang se ukuran badan kambing/domba dan domba kita tinggal di ikat saja dan tidak bisa bergerak terlalu aktif karena hampir pas ukuran badannya dengan kerangkan pipa besi tersebut, jadinya akan semakin mudah buat di mandikan nya itu si kambing.

5. Timbangan Domba atau Kambing

Penting banget, itu buat transaksi penjualan kambing atau domba kita bagi pelanggan yang datang langsung ke peternakan buat beli kambing dan domba kiloan kita.

6. Perpustakaan Domba / Kambing

Minimalis saja dan bisa di satukan dengan ruang Jaga sih kalau urusan perpustakaan. itu gunanya untuk menyimpan buku-buku penting tentang beternak kambing atau domba.

Jadi para penjaga bisa sambil belajat terus ke ilmuan nya agar tidak ketinggalan jaman dan agar bisa terus mengikuti perkembangan zaman tentang cara yang lebih baik dalam beternak kambing / domba (tanpa meng hilangkan unsur alamiah kehidupan domba yaitu harus tetap ada acara di gembalakan).

7. Jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan Orang yang Jaga area peternakan kita

Maksudnya dalam area peternakan, sudah selayaknya dan seharusnya ada hal-hal berikut ini:

- Listrik
- POS Jaga (yang tidak bisa masuk angin malam, tapi di buat banyak kaca agar orang yang jaga bisa dengan mudah melihat kondisi di sekitar area kandang. jadi jangan sampai angin malam masuk, karena kalau setiap malam kena angin malam, itu yang jaga jadi gampang sakit-sakitan loh sob).
- Dapur
- Kamar Mandi
- Kamar Tidur (istirahat)
- Kotak P3K serta isi nya kumplit (wajib itu sob).
- Mushola
- dll.

Sepertinya buat saat ini yang kepikiran tujuh dulu saja sob, tapi tentu masih banyak hal lain yang ketinggalan. Nanti kalau saya ingat akan saya tambahkan ya di post ini (mudah-mudahan ingat ke postingan ini).

Demikian obrolan kambing / domba pagi ini.

Sumber foto.

Salam,
kambing.ID Team

No comments:

Post a Comment