Saturday, June 27, 2015

Luas lahan padang rumput yang ideal untuk gembala domba

Image source: here

Dalam praktek beternak domba, maka ada beberapa cara yang dipilih oleh calon peternak domba, yaitu: (1) memelihara domba di dalam kandang dan lalu memberinya rumput di antar ke kandang tersebut, atau (2) dengan cara di gembalakan. Dari kedua cara tersebut tentunya ada kekurangan dan kelebihan di masing-masing cara, dan peternak sendiri lah yang akan merasakannya. Tetapi dengan berbagai sudut pandang yang jauh, maka sistem gembala adalah jauh lebih bagus daripada sistem di kandangkan, kita bisa belajar dari para peternak di negara Australia yang kebanyakan menggunakan sistem gembala.

Kami akan setuju bahwa sistem gembala domba adalah selangkah lebih baik daripada sistem domba di kandangkan, walau memang untuk dapat mengaplikasikan sistem gembala domba adalah sangat diperlukan modal yang besar terutama untuk penyediaan lahan gembalaan. Untuk hal penyediaan lahan gembalaan bisa didapatkan dengan sistem menyewa ke orang lain yang memiliki padang rumput yang cukup luas dan bersedia untuk disewakan kepada kita (peternak harus sangat aktif mencari dan mendapatkan lalu melakukan negosiasi dengan pemilik lahan). atau jika kita memiliki modal yang cukup banyak, maka kita bisa membeli suatu area lahan dan lalu dikelola menjadi padang rumput untuk sarana gembala domba.

Sesuai dengan judul artikel diatas, maka kami akan mencoba memberikan gambaran tentang "berapa sih luas lahan gembalaan yang memang ideal untuk bisa jalannya sistem gembala domba dengan baik?"

Setelah kami pelajari dan menyimak dari berbagai sumber yang didapat, maka untuk luas lahan gembalaan domba yang ideal adalah 68 m2 (atau 5 bata) per se-ekor domba. Dan untuk sistem gembala bergilir tempatnya, maka kita harus menyediakan lahan seluas dua kali lipatnya (jika sistem bergilir lahan adalah hanya dua tempat). Misalnya kita memiliki domba sebanyak 1 ekor, maka itu memerlukan 68 m2 (atau 5 bata). lalu suatu saat lahan 68 m2 tersebut sudah menipis rumputnya, maka kita harus memindahkan domba kita ke lahan sebelahnya (yang memang sudah dipersiapkan dengan rerumputan yang sudah jadi dan siap di makan domba - dengan ukuran lahan yang sama dengan lahan pertama yaitu 68 m2 (atau 5 bata)).

Maka untuk mudahnya, dapat kita simpulkan bahwa dalam hal luas lahan (sistem gembala bergilir dua tempat) yang dibutuhkan untuk per ekor domba adalah 68 m2 (atau 5 bata) x 2 = 136 m2 (atau 10 bata).

Demikian yang bisa kami informasikan untuk saat ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment