Sunday, June 28, 2015

Alfalfa - Warisan Besar dari Thariq bin Ziyad


Alfalfa - Warisan Besar dari Thariq bin Ziyad (670-720 M) untuk para Peternak Domba Masa Kini.

Berasal dari perjalanan Pasukan Thariq bin Ziyad ke Benua Eropa untuk menaklukkan Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra dan Gibraltar) pada sekitar tahun 711 M, maka dalam perjalanannya tersebut, pasukan Thariq bin Ziyad menggunakan suatu jenis tanaman berkhasiat super tinggi untuk keperluan pakan kuda perang mereka. Itulah cikal bakal / awal mula adanya Alfalfa.

Tanaman Alfalfa dipergunakan untuk memberi makan kuda-kuda perang para pasukan Thariq bin Ziyad (seorang Jenderal perang besar dari dinasti Umayyah). Setelah Andalusia dan sekitarnya dapat di taklukkan oleh Thariq bin Ziyad, maka selanjutnya masyarakat Eropa pun menjadi banyak yang mengetahui dan faham akan manfaat besar tanaman Alfalfa, lalu sama-sama membudidayakannya.

Sampai suatu saat (800 tahun sejak Islam berkuasa di Al-Andalus, Spanyol, Portugal, Andorra dan Gibraltar), kemudian ada panglima Spanyol bernama Hernando Cortez melakukan perjalanan ke Benua Amerika dan lalu menaklukkan bangsa Aztecs di Mexico dengan menggunakan strategi berperang mengikuti atau menjiplak strategi Thariq bin Ziad yaitu dengan membakar kapal-kapalnya sendiri dan juga dengan cara membangun sistem logistik perang nya dengan tanaman yang sama yaitu tanaman alfalfa (yang sudah diperkenalkan oleh Islam di Spanyol selama 781 tahun!). Dan akhirnya tanaman alfalfa menjadi terbawa ke benua Amerika. Maka dari itu, adalah sangat wajar dan masuk akal bila ternyata sampai dengan sekarang, Amerika Serikat adalah menjadi negara yang hebat dalam bidang “nutritious plants” dan juga negara pengekspor daging terbesar di dunia, itu karena sistem peternakan mereka menggunakan tanaman Alfalfa.

Dengan demikian, jelas sudah bahwa Tanaman Alfalfa, kata "Alfalfa" berasal dari kata bahasa arab dan diserap dengan bahasa pribumi di Spanyol selama hampir 8 abad. Kata Alfalfa berasal dari kata "al-fisfisa" (arab), yang artinya “fresh fodder” atau "pakan segar".

Penelitian jaman sekarang, menjelaskan bahwa ada banyak manfaat dari Tanaman Alfalfa. Sebagaimana ditulis di berbagai sumber yang menjelaskan bahwa tanaman Alfalfa ini salah-satu manfaat besarnya adalah sebagai pakan segar unggulan agar usaha ternak kita menjadi sehat dan bagus perkembangan ternak nya.

Sungguh luar biasa, maka marilah kita menanam Alfalfa agar ternak domba kita menjadi sehat dan berkembang pesat.

Jika anda ingin memulai belajar membudidayakan menanam Alfalfa secara kontinue terus-menerus, maka rekomendasi kami, anda bisa berkonsultasi dengan Tim Geraidinar.com untuk mendapatkan bimbingan perihal bagaimana cara praktis untuk budidaya tanaman Alfalfa ini dari mulai biji sampai dengan panen.

Sumber inspirasi tulisan dari : agribisnis-indonesia.com

No comments:

Post a Comment